Analisis Variasi Temperature Lingkungan Terhadap Keausan Kampas Rem

Authors

  • Reynaldi Satria Gumilang Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik, Universitas Wahid hasyim Jl. Menoreh Tengah X/22. Sampangan, Semarang 50236

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v17i2.5320

Abstract

Kampas rem adalah salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan bermotor. Dalam konsep pengereman hal yang tidak dapat dihindarkan adalah sebuah keausan. Keausan terjadi apabila dua buah benda yang saling menekan dan saling bergesekan. Dalam penelitian ini, dilakukan untuk mengetahui pengaruh Temperature Lingkungan terhadap volume keausan dan laju keausan kampas rem dengan menggunakan alat uji keausan kampas rem dengan variasi suhu 30, 35, 40, 45 dan 50 °C dengan beban pengereman 2 Kg. Durasi waktu pengujian yaitu 50 menit dilakukan pengambilan data per 10 menit. Hasil penelitian ini volume keausan tertinggi yaitu pada suhu 30 °C sisi kampas A 102,69 mm3 dan sisi kampas B 81,42 mm3 dan keausan volume keausan terkecil pada suhu 50 °C sisi kampas A 60,148 mm3 dan sisi kampas B 46,211 mm3, Dan nilai laju keausan terbesar pada suhu 30 °C sisi kampas A 1,12E-07 gr/s.mm² dan sisi kampas B 9,58E-08 gr/s.mm², sedangkan nilai laju keausan terkecil pada suhu 50 °C sisi kampas A 4,85E-08 gr/s.mm² dan sisi kampas B 4,59E-08 gr/s.mm².

References

Asri, (2018), “Analisis keausan kampas rem pada disc brake dengan variasi material kampas remâ€, Momentum, Vol. 14, No. 2, Oktober 2018, Hal. 13- 16, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Blau, (1997). “Friction Scienceand Technologyâ€. From Concepts to Applications, Taylor & Francis.

Dadang Hafid, (2016). “Gaya tekan pada rem terhadap disk rotor pada kendaraan mini buggyâ€, STKIP sebelas april sumedang.

Ferriawan Yudhanto, (2019). Karakterisasi Bahan Kampas Rem Sepeda Motor Dari Komposit Serbuk Kayu Jati, Teknik Mesin, Universitas Islam Indonesia

Ian Hardianto Siahaan, (2008). Kinerja rem tromol terhadap kinerja rem cakram kendaraan roda dua pada pengujian stasioner, Teknik mesin universitas kristen pertra surabaya.

Lancaster J. G. Dowson D. Isaac G. H. and Fisher J., (1997). “The Wear Of UltraHigh Moleculer Weight Polyethylene Sliding On Metallic And Ceramic Counterfaces Reepresentative Of Current Femoral Surface In Join Replacementâ€. Proc. Instn Mech Engrs. Vol 211 Part H.

Naim, S, 2017, Analisis Keausan Kampas Rem Pada Disc Break Menggunakan Variasi Torsi, Teknik Mesin Universitas Wahid Hasyim, Semarang.

R.S. Khurmi, J.K.Gupta (2005). Machine Desain (SI Units). Eurasia publising House.PVT.LTD.

Stachowiak dan Batchelor, (2001). Engineering Triblogy, Elsevier Butterworth, Burlington, Amerika Serikat.

Sukamto, (2012). "Analisis keausan kampas rem pada sepeda motor", Jurnal Teknik vol. 2 NO. 1, Teknik Mesin Universitas Janabadra, Yogyakarta.

Sayid, (2015). Analisis keausan kampas rem cakram asbestos dan non asbestos dengan variasi beban pengereman dan berat pengendara. Teknik Mesin Universitas Matram.

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles