Analisis Variasi Temperature Lingkungan Terhadap Keausan Kampas Rem
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v17i2.5320Abstract
Kampas rem adalah salah satu komponen kendaraan bermotor yang berfungsi untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan bermotor. Dalam konsep pengereman hal yang tidak dapat dihindarkan adalah sebuah keausan. Keausan terjadi apabila dua buah benda yang saling menekan dan saling bergesekan. Dalam penelitian ini, dilakukan untuk mengetahui pengaruh Temperature Lingkungan terhadap volume keausan dan laju keausan kampas rem dengan menggunakan alat uji keausan kampas rem dengan variasi suhu 30, 35, 40, 45 dan 50 °C dengan beban pengereman 2 Kg. Durasi waktu pengujian yaitu 50 menit dilakukan pengambilan data per 10 menit. Hasil penelitian ini volume keausan tertinggi yaitu pada suhu 30 °C sisi kampas A 102,69 mm3 dan sisi kampas B 81,42 mm3 dan keausan volume keausan terkecil pada suhu 50 °C sisi kampas A 60,148 mm3 dan sisi kampas B 46,211 mm3, Dan nilai laju keausan terbesar pada suhu 30 °C sisi kampas A 1,12E-07 gr/s.mm² dan sisi kampas B 9,58E-08 gr/s.mm², sedangkan nilai laju keausan terkecil pada suhu 50 °C sisi kampas A 4,85E-08 gr/s.mm² dan sisi kampas B 4,59E-08 gr/s.mm².References
Asri, (2018), “Analisis keausan kampas rem pada disc brake dengan variasi material kampas remâ€, Momentum, Vol. 14, No. 2, Oktober 2018, Hal. 13- 16, Universitas Wahid Hasyim Semarang.
Blau, (1997). “Friction Scienceand Technologyâ€. From Concepts to Applications, Taylor & Francis.
Dadang Hafid, (2016). “Gaya tekan pada rem terhadap disk rotor pada kendaraan mini buggyâ€, STKIP sebelas april sumedang.
Ferriawan Yudhanto, (2019). Karakterisasi Bahan Kampas Rem Sepeda Motor Dari Komposit Serbuk Kayu Jati, Teknik Mesin, Universitas Islam Indonesia
Ian Hardianto Siahaan, (2008). Kinerja rem tromol terhadap kinerja rem cakram kendaraan roda dua pada pengujian stasioner, Teknik mesin universitas kristen pertra surabaya.
Lancaster J. G. Dowson D. Isaac G. H. and Fisher J., (1997). “The Wear Of UltraHigh Moleculer Weight Polyethylene Sliding On Metallic And Ceramic Counterfaces Reepresentative Of Current Femoral Surface In Join Replacementâ€. Proc. Instn Mech Engrs. Vol 211 Part H.
Naim, S, 2017, Analisis Keausan Kampas Rem Pada Disc Break Menggunakan Variasi Torsi, Teknik Mesin Universitas Wahid Hasyim, Semarang.
R.S. Khurmi, J.K.Gupta (2005). Machine Desain (SI Units). Eurasia publising House.PVT.LTD.
Stachowiak dan Batchelor, (2001). Engineering Triblogy, Elsevier Butterworth, Burlington, Amerika Serikat.
Sukamto, (2012). "Analisis keausan kampas rem pada sepeda motor", Jurnal Teknik vol. 2 NO. 1, Teknik Mesin Universitas Janabadra, Yogyakarta.
Sayid, (2015). Analisis keausan kampas rem cakram asbestos dan non asbestos dengan variasi beban pengereman dan berat pengendara. Teknik Mesin Universitas Matram.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.