Analisis Keausan Kampas dengan Variasi Jumlah Alur Pada Kampas Rem
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v18i2.7452Keywords:
Kampas Rem, Jumlah Alur, KeausanAbstract
Abstrak
Kampas rem merupakan bagian dari system pengereman kendaraan bermotor yang memiliki fungsi memperlambat dan menghentikan kendaraan. Proses pengereman tidak akan lepas dari terjadinya keausan. Akibat dari gesekan antara disc brake dan kampas rem itu sendiri.  Keausan bisa terjadi jika dua buah benda yang bergerak dan bergesekan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah alur dalam kampas rem dengan volume keausan dan laju keausan yang terjadi pada saat pengereman dengan beban konstan 2 kg dan putaran yg konstan juga dengan menggunakan alat uji keausan kampas rem. Variasi jumlah alur pada kampas rem berjumlah 3, 4, 5, 6, 7 dengan waktu pengujian 50 menit dan di ambil data massa kampas rem tiap 10 menit. Hasil pengujian ini volume keausan tentinggi yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 7 kampas A yaitu 143.0368558 mm3 dan untuk  volume keausan terkecil yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 3 kampas A yaitu 117.363574 mm3.  Nilai laju keausan tertinggi yaitu yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 7 kampas A yaitu 1.15209E-07 gr/s.mm²dan untuk laju keausan terkecil yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 3 sisi A yaitu 8.16506E-08.
.
References
Blau, (1997). “Friction Scienceand Technologyâ€. From Concepts to Applications, Taylor & Francis.
Lancaster J. G. Dowson D. Isaac G. H. and Fisher J., (1997). “The Wear Of UltraHigh Moleculer Weight Polyethylene Sliding On Metallic And Ceramic Counterfaces Reepresentative Of Current Femoral Surface In Join Replacementâ€. Proc. Instn Mech Engrs. Vol 211 Part H.
Luby, (2001), “Perancangan Kampas Rem Beralur dalam Usaha Meningkatkan Kinerja serta Umur dari Kampas Rem†Jurnal Teknik Mesin, Volume 1, Nomor 1, Mei 2001, Jurusan Teknik Mesin FTI-ITS Surabaya.
Sukamto, (2012). "Analisis Keausan Kampas Rem pada Sepeda Motor", Jurnal Teknik vol. 2 NO. 1, Teknik Mesin Universitas Janabadra, Yogyakarta.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.