Analisis Keausan Kampas dengan Variasi Jumlah Alur Pada Kampas Rem

Authors

  • Edy Bimantoro Jurusan Teknik Mesin Unwahas
  • Darmanto Darmanto

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v18i2.7452

Keywords:

Kampas Rem, Jumlah Alur, Keausan

Abstract

Abstrak

Kampas rem merupakan bagian dari system pengereman kendaraan bermotor yang memiliki fungsi memperlambat dan menghentikan kendaraan. Proses pengereman tidak akan lepas dari terjadinya keausan. Akibat dari gesekan antara disc brake dan kampas rem itu sendiri.  Keausan bisa terjadi jika dua buah benda yang bergerak dan bergesekan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh jumlah alur dalam kampas rem dengan volume keausan dan laju keausan yang terjadi pada saat pengereman dengan beban konstan 2 kg dan putaran yg konstan juga dengan menggunakan alat uji keausan kampas rem. Variasi jumlah alur pada kampas rem berjumlah 3, 4, 5, 6, 7 dengan waktu pengujian 50 menit dan di ambil data massa kampas rem tiap 10 menit. Hasil pengujian ini volume keausan tentinggi yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 7 kampas A yaitu 143.0368558 mm3 dan untuk   volume keausan terkecil yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 3 kampas A yaitu 117.363574 mm3.  Nilai laju keausan tertinggi yaitu yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 7 kampas A yaitu 1.15209E-07 gr/s.mm²dan untuk laju keausan terkecil yaitu pada kampas rem dengan jumlah alur 3 sisi A yaitu 8.16506E-08.

.

References

Blau, (1997). “Friction Scienceand Technologyâ€. From Concepts to Applications, Taylor & Francis.

Lancaster J. G. Dowson D. Isaac G. H. and Fisher J., (1997). “The Wear Of UltraHigh Moleculer Weight Polyethylene Sliding On Metallic And Ceramic Counterfaces Reepresentative Of Current Femoral Surface In Join Replacementâ€. Proc. Instn Mech Engrs. Vol 211 Part H.

Luby, (2001), “Perancangan Kampas Rem Beralur dalam Usaha Meningkatkan Kinerja serta Umur dari Kampas Rem†Jurnal Teknik Mesin, Volume 1, Nomor 1, Mei 2001, Jurusan Teknik Mesin FTI-ITS Surabaya.

Sukamto, (2012). "Analisis Keausan Kampas Rem pada Sepeda Motor", Jurnal Teknik vol. 2 NO. 1, Teknik Mesin Universitas Janabadra, Yogyakarta.

Downloads

Published

2022-10-31

Issue

Section

Articles