Simulasi dan Eksperimen Pengaruh Variasi Tekanan Injeksi Bahan Bakar Diesel Liquid pada Mesin Induk Kapal Terhadap Karakteristik Semprotan Injektor

Authors

  • Wahyu Ari Putranto Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Khaeroman Khaeroman Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Susanto Susanto Politeknik Maritim Negeri Indonesia
  • Arif Rakhman Suharso Politeknik Maritim Negeri Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v19i1.8296

Keywords:

Mesin diesel, injektor, diameter nosel, tekanan injektor, karakteristik semprotan

Abstract

Mesin diesel banyak digunakan pada dunia industri dan transportasi karena kehandalannya. Di dunia transportasi laut mesin diesel digunakan sebagai mesin induk kapal yang berfungsi untuk menggerakkan kapal. Salah satu komponen yang penting pada mesin diesel adalah injektor yang bertugas untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Apabila terjadi masalah pada injektor maka akan berpengaruh pada proses pembakaran sehingga dapat menurunkan kinerja mesin induk kapal. Parameter pada penelitian ini adalah diameter nosel sebesar 0,2 mm. Variasi tekanan input yang digunakan adalah 290, 310, 330 bar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh parameter tekanan injektor yang optimum. Data yang diperoleh adalah sudut semprotan, panjang semprotan dan waktu semprotan. Penelitian ini menggunakan metode simulasi dan eksperimen. Simulasi menggunakan software CFD komersial sedangkan eksperimen dengan menguji injektor menggunakan injektor tester. Hasil pengujian variasi tekanan injektor 290, 310 dan 330 bar diperoleh data-data sudut semprotan masing-masing sebesar 13o, 14o, 15o. Panjang semprotan semuanya sama 100 mm tetapi waktu yang diperlukan untuk menyentuh dinding berbeda-beda, masing-masing 0,00199; 0,00197; 0,00195 sekon. Parameter optimum pada penelitian ini adalah tekanan input injektor 330 bar menghasilkan sudut semprotan 15o, Panjang semprotan 100 mm dengan waktu tercepat yaitu 0,00195 sekon.

Author Biographies

Wahyu Ari Putranto, Politeknik Maritim Negeri Indonesia

Dosen Jurusan Teknika Polimarin

Khaeroman Khaeroman, Politeknik Maritim Negeri Indonesia

Dosen Jurusan Teknika di Polimarin

Susanto Susanto, Politeknik Maritim Negeri Indonesia

Dosen Jurusan Teknika di Polimarin

Arif Rakhman Suharso, Politeknik Maritim Negeri Indonesia

Dosen Jurusan Teknika di Polimarin

References

A. Bejger and J. B. Drzewieniecki. 2020. A new method of identifying the limit condition of injection pump wear in self-ignition engines. Energies, vol. 13, no. 7.

Arizal Sita Ahmad dan Bambang Sudarmanta. 2017. Studi Eksperimen Unjuk Kerja Mesin Diesel Sistem Dual Fuel Dengan Variasi Tekanan Penginjeksian Pada Injektor Mesin Yanmar TF 55R-Di. Jurnal Teknik ITS Vol. 4, No. 1.

Dwika Budianto, Ilham Arnif, dan Cahyadi. 2019. Study of Spray Characteristic on Biodiesel Mixture Variation. Prosiding SNTTM XVIII, 9-10 Oktober 2019, KE43.

I Gede Teddy Prananda Surya. 2022. Simulasi Numerik I: Pengaruh Tekanan Injeksi Terhadap Karakteristik Semprotan Biodiesel Minyak Goreng Bekas. Machine; Jurnal Teknik Mesin Vol. 8 No. 2.

I Wayan Suma Wibawa1, I Gusti Bagus Wijaya Kusuma dan I Nyoman Budiarsa1. 2015. Uji Variasi Tekanan Nosel Terhadap Karakteristik Semprotan Bahan Bakar Biodiesel. Jurnal METTEK Volume 1 No 2 pp 35 – 44.

Nurbidawati, N. 2019. Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia.

Priyanka D. Jadhav & J. M. Mallikarjuna. 2018. Effect Of Fuel Injector Hole Diameter And Injection Timing On The Mixture Formation In A Gdi Engine - A Cfd Study. P. D. Jadhav & J. M. Mallikarjuna, Int. J. Comp. Meth. And Exp. Meas., Vol. 6, No. 4 (2018) 737–748.

PT. Toyota Astra Motor. 1980. Toyota Diesel Engine, Service Training Information. Japan: Toyota Motor Sales CO.LTD, Japan.

Ridwan, Zakiah dan Ardiansya. 2020. Analisa Penurunan Daya yang Dihasilkan Mesin Bantu Guna meningkatkan Operasional Kapal di MT. Dewi Maeswara. Prosiding Seminar Pelayaran dan Riset Terapan.

S. McAllister, J.-Y.Chen, and C. Fernandez-Pello. 2013. Fundamentals of Combustion Processes. Springer.

Downloads

Published

2023-11-14

Issue

Section

Articles