Simulasi dan Eksperimen Pengaruh Variasi Tekanan Injeksi Bahan Bakar Diesel Liquid pada Mesin Induk Kapal Terhadap Karakteristik Semprotan Injektor
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v19i1.8296Keywords:
Mesin diesel, injektor, diameter nosel, tekanan injektor, karakteristik semprotanAbstract
Mesin diesel banyak digunakan pada dunia industri dan transportasi karena kehandalannya. Di dunia transportasi laut mesin diesel digunakan sebagai mesin induk kapal yang berfungsi untuk menggerakkan kapal. Salah satu komponen yang penting pada mesin diesel adalah injektor yang bertugas untuk menyemprotkan bahan bakar ke ruang bakar. Apabila terjadi masalah pada injektor maka akan berpengaruh pada proses pembakaran sehingga dapat menurunkan kinerja mesin induk kapal. Parameter pada penelitian ini adalah diameter nosel sebesar 0,2 mm. Variasi tekanan input yang digunakan adalah 290, 310, 330 bar. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh parameter tekanan injektor yang optimum. Data yang diperoleh adalah sudut semprotan, panjang semprotan dan waktu semprotan. Penelitian ini menggunakan metode simulasi dan eksperimen. Simulasi menggunakan software CFD komersial sedangkan eksperimen dengan menguji injektor menggunakan injektor tester. Hasil pengujian variasi tekanan injektor 290, 310 dan 330 bar diperoleh data-data sudut semprotan masing-masing sebesar 13o, 14o, 15o. Panjang semprotan semuanya sama 100 mm tetapi waktu yang diperlukan untuk menyentuh dinding berbeda-beda, masing-masing 0,00199; 0,00197; 0,00195 sekon. Parameter optimum pada penelitian ini adalah tekanan input injektor 330 bar menghasilkan sudut semprotan 15o, Panjang semprotan 100 mm dengan waktu tercepat yaitu 0,00195 sekon.
References
A. Bejger and J. B. Drzewieniecki. 2020. A new method of identifying the limit condition of injection pump wear in self-ignition engines. Energies, vol. 13, no. 7.
Arizal Sita Ahmad dan Bambang Sudarmanta. 2017. Studi Eksperimen Unjuk Kerja Mesin Diesel Sistem Dual Fuel Dengan Variasi Tekanan Penginjeksian Pada Injektor Mesin Yanmar TF 55R-Di. Jurnal Teknik ITS Vol. 4, No. 1.
Dwika Budianto, Ilham Arnif, dan Cahyadi. 2019. Study of Spray Characteristic on Biodiesel Mixture Variation. Prosiding SNTTM XVIII, 9-10 Oktober 2019, KE43.
I Gede Teddy Prananda Surya. 2022. Simulasi Numerik I: Pengaruh Tekanan Injeksi Terhadap Karakteristik Semprotan Biodiesel Minyak Goreng Bekas. Machine; Jurnal Teknik Mesin Vol. 8 No. 2.
I Wayan Suma Wibawa1, I Gusti Bagus Wijaya Kusuma dan I Nyoman Budiarsa1. 2015. Uji Variasi Tekanan Nosel Terhadap Karakteristik Semprotan Bahan Bakar Biodiesel. Jurnal METTEK Volume 1 No 2 pp 35 – 44.
Nurbidawati, N. 2019. Posisi Strategis Indonesia Sebagai Poros Maritim Dunia.
Priyanka D. Jadhav & J. M. Mallikarjuna. 2018. Effect Of Fuel Injector Hole Diameter And Injection Timing On The Mixture Formation In A Gdi Engine - A Cfd Study. P. D. Jadhav & J. M. Mallikarjuna, Int. J. Comp. Meth. And Exp. Meas., Vol. 6, No. 4 (2018) 737–748.
PT. Toyota Astra Motor. 1980. Toyota Diesel Engine, Service Training Information. Japan: Toyota Motor Sales CO.LTD, Japan.
Ridwan, Zakiah dan Ardiansya. 2020. Analisa Penurunan Daya yang Dihasilkan Mesin Bantu Guna meningkatkan Operasional Kapal di MT. Dewi Maeswara. Prosiding Seminar Pelayaran dan Riset Terapan.
S. McAllister, J.-Y.Chen, and C. Fernandez-Pello. 2013. Fundamentals of Combustion Processes. Springer.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.