Analisa Perancangan Poros Roda Pengerak Mobil Emisia Borneo Menggunakan Finite Element Method

Authors

  • Rento Gadayu Rento Gadayu universitas Muhammadiyah Pontianak

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v19i1.8390

Keywords:

FEA, Otomotif, Poros Roda, Stress analysis, Teknologi

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kinerja dan keandalan desain poros roda Mobil Emisia Borneo ketika diberikan beban tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah poros roda tersebut mampu menahan beban yang telah ditetapkan dengan menganalisis struktur poros roda menggunakan metode komputasi. Pendekatan metodologi dalam penelitian ini dimulai dengan melakukan tinjauan literatur terhadap penelitian-penelitian sebelumnya yang serupa. Selanjutnya, dilakukan perhitungan daya berdasarkan output mesin pembakaran dalam dan dilakukan analisis struktur poros roda Mobil Emisia Borneo menggunakan metode komputasi yang dikenal sebagai Metode Elemen Hingga (Finite Element Method/FEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa output daya dari mesin pembakaran dalam adalah 775,6 watt (0,775 kW) dan kecepatan poros roda adalah 275 rpm. Material yang digunakan untuk poros roda ini adalah AISI 1035 Steel, dengan sifat mekanis material sebagai berikut: kekuatan luluh (Yield strength) sebesar 282.685 N/mm2, kekuatan tarik (Tensile strength) sebesar 585 N/mm2, dan modulus elastisitas sebesar 205000 N/mm2. Hasil analisis menggunakan Metode Elemen Hingga (FEM) menunjukkan bahwa tegangan maksimum yang terjadi berada pada bagian pasak poros roda, dengan nilai sebesar 9,417e+01 N/mm2 (MPa). Berdasarkan hasil tersebut, poros roda Emisia Borneo dapat dianggap aman, karena tegangan yang terjadi pada poros masih berada di bawah nilai kekuatan luluh (Yield strength) dari material yang digunakan.

 

References

J. Keith Nisbett, Ir. G. B. (2011). Shigley’s Design Engineering Mechanical (Vol. 21, Nomor 1).

Prastyo, B. W., Syafa’at, I., & Dzulfikar, M. (2020). Analisis Aerodinamika Pada Bodi Mobil Hemat Energi Lintang Samudra Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics. Jurnal Ilmiah Momentum, 16(1). https://doi.org/10.36499/mim.v16i1.3366

Seshu, P. (2006). Textbook of finite element analysis. Department of Mechanical Engineering Indian Institute of Technology Bombay Mumba.

Sukmayadi, A., Muslih, M. S., Sos, S., Alfian, M. S. R., Kom, S., & Fitriana, F. (2021). Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi Tahun 2021. Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi, 1, 2021.

Sularso, & Suga, K. (2004). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin.

Bathe, K.-J. (2016) ‘Introduction to Finite Element Analysis ( FEA ) or Finite Element Method ( FEM ) Finite Element Analysis ( FEA ) or Finite Element Method ( FEM )’, p. 1065. Available at: http://web.mit.edu/kjb/www/Books/FEP_2nd_Edition_4th_Printing.pdf.

Efrizal, E. and Sabar, M. (2020) ‘Analisa Perancangan Transmisi Sprocket and Chain Pada Kendaraan Prototype Bensin Kontes Mobil Hemat Energi (Kmhe) …’, Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin, 3(1), pp. 1–7. Available at: http://jurnal.umt.ac.id/index.php/mjtm/article/view/3072.

Khaufanulloh, R.H. et al. (2016) ‘Karakteristik Performa Motor Bensin Pgmfi ( Progammed Fuel Injection ) Silinder Tunggal 110Cc Dengan Variasi’, 01, pp. 43–50.

Kurniawan, L.A.D.I., Mesin, J.T. and Teknik, F. (2014) ‘RANCANG BANGUN DRIVETRAIN PADA MOBIL PROTOTYPE DIESEL’.

Luthfianto, A. (2017) ‘Transmisi Rantai Mobil Nogogeni Transmission System’, institut teknologi sepuluh november Surabaya, pp. 7–8.

Maramis, A.I. (2014) ‘Pemodelan Rekatan GFRP pada Balok Beton Menggunakan Lusas 14.0’.

Marshek (2006) ‘FAKTOR KEAMANAN (Safety Factor)’, pp. 1–10.

Nurcahyo, Y.E. et al. (2021) ‘Rancang Bangun Body Fibercarbon dan Simulasi Aerodinamis dengan Ansys untuk Mobil Hemat Energi Kategori Prototype’, 5(2), pp. 90–96.

Pangestu, F.B. (2018) ‘Desain dan Analisis Dinamis Kekuatan Poros Final Drive Urban Concept Batavia UNJ â€Jayaraya01 -mk2 â€â€™, p. 136.

Saputra, L. (2020) ‘Perancangan Konstruksi Penggerak Mobil Hemat Energi “Haizumâ€â€™, Jurnal Teknik Mesin [Preprint].

Seshu, P. (2006) Textbook of finite element analysis. Department of Mechanical Engineering Indian Institute of Technology Bombay Mumba. Available at:http://www.worldcat.org/title/textbook-of-finite-element analysis/oclc/166413523&referer=brief_results.

Downloads

Published

2023-05-31

Issue

Section

Articles