Analisa Perancangan Poros Roda Pengerak Mobil Emisia Borneo Menggunakan Finite Element Method
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v19i1.8390Keywords:
FEA, Otomotif, Poros Roda, Stress analysis, TeknologiAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji kinerja dan keandalan desain poros roda Mobil Emisia Borneo ketika diberikan beban tertentu. Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah poros roda tersebut mampu menahan beban yang telah ditetapkan dengan menganalisis struktur poros roda menggunakan metode komputasi. Pendekatan metodologi dalam penelitian ini dimulai dengan melakukan tinjauan literatur terhadap penelitian-penelitian sebelumnya yang serupa. Selanjutnya, dilakukan perhitungan daya berdasarkan output mesin pembakaran dalam dan dilakukan analisis struktur poros roda Mobil Emisia Borneo menggunakan metode komputasi yang dikenal sebagai Metode Elemen Hingga (Finite Element Method/FEM). Hasil penelitian menunjukkan bahwa output daya dari mesin pembakaran dalam adalah 775,6 watt (0,775 kW) dan kecepatan poros roda adalah 275 rpm. Material yang digunakan untuk poros roda ini adalah AISI 1035 Steel, dengan sifat mekanis material sebagai berikut: kekuatan luluh (Yield strength) sebesar 282.685 N/mm2, kekuatan tarik (Tensile strength) sebesar 585 N/mm2, dan modulus elastisitas sebesar 205000 N/mm2. Hasil analisis menggunakan Metode Elemen Hingga (FEM) menunjukkan bahwa tegangan maksimum yang terjadi berada pada bagian pasak poros roda, dengan nilai sebesar 9,417e+01 N/mm2 (MPa). Berdasarkan hasil tersebut, poros roda Emisia Borneo dapat dianggap aman, karena tegangan yang terjadi pada poros masih berada di bawah nilai kekuatan luluh (Yield strength) dari material yang digunakan.
Â
References
J. Keith Nisbett, Ir. G. B. (2011). Shigley’s Design Engineering Mechanical (Vol. 21, Nomor 1).
Prastyo, B. W., Syafa’at, I., & Dzulfikar, M. (2020). Analisis Aerodinamika Pada Bodi Mobil Hemat Energi Lintang Samudra Menggunakan Metode Computational Fluid Dynamics. Jurnal Ilmiah Momentum, 16(1). https://doi.org/10.36499/mim.v16i1.3366
Seshu, P. (2006). Textbook of finite element analysis. Department of Mechanical Engineering Indian Institute of Technology Bombay Mumba.
Sukmayadi, A., Muslih, M. S., Sos, S., Alfian, M. S. R., Kom, S., & Fitriana, F. (2021). Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi Tahun 2021. Pedoman Kontes Mobil Hemat Energi, 1, 2021.
Sularso, & Suga, K. (2004). Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin.
Bathe, K.-J. (2016) ‘Introduction to Finite Element Analysis ( FEA ) or Finite Element Method ( FEM ) Finite Element Analysis ( FEA ) or Finite Element Method ( FEM )’, p. 1065. Available at: http://web.mit.edu/kjb/www/Books/FEP_2nd_Edition_4th_Printing.pdf.
Efrizal, E. and Sabar, M. (2020) ‘Analisa Perancangan Transmisi Sprocket and Chain Pada Kendaraan Prototype Bensin Kontes Mobil Hemat Energi (Kmhe) …’, Motor Bakar: Jurnal Teknik Mesin, 3(1), pp. 1–7. Available at: http://jurnal.umt.ac.id/index.php/mjtm/article/view/3072.
Khaufanulloh, R.H. et al. (2016) ‘Karakteristik Performa Motor Bensin Pgmfi ( Progammed Fuel Injection ) Silinder Tunggal 110Cc Dengan Variasi’, 01, pp. 43–50.
Kurniawan, L.A.D.I., Mesin, J.T. and Teknik, F. (2014) ‘RANCANG BANGUN DRIVETRAIN PADA MOBIL PROTOTYPE DIESEL’.
Luthfianto, A. (2017) ‘Transmisi Rantai Mobil Nogogeni Transmission System’, institut teknologi sepuluh november Surabaya, pp. 7–8.
Maramis, A.I. (2014) ‘Pemodelan Rekatan GFRP pada Balok Beton Menggunakan Lusas 14.0’.
Marshek (2006) ‘FAKTOR KEAMANAN (Safety Factor)’, pp. 1–10.
Nurcahyo, Y.E. et al. (2021) ‘Rancang Bangun Body Fibercarbon dan Simulasi Aerodinamis dengan Ansys untuk Mobil Hemat Energi Kategori Prototype’, 5(2), pp. 90–96.
Pangestu, F.B. (2018) ‘Desain dan Analisis Dinamis Kekuatan Poros Final Drive Urban Concept Batavia UNJ â€Jayaraya01 -mk2 â€â€™, p. 136.
Saputra, L. (2020) ‘Perancangan Konstruksi Penggerak Mobil Hemat Energi “Haizumâ€â€™, Jurnal Teknik Mesin [Preprint].
Seshu, P. (2006) Textbook of finite element analysis. Department of Mechanical Engineering Indian Institute of Technology Bombay Mumba. Available at:http://www.worldcat.org/title/textbook-of-finite-element analysis/oclc/166413523&referer=brief_results.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.