Pengaruh Fraksi Volume Sekam Padi, Aluminium Oksida dan Besi Oksida Terhadap Sifat Mekanik Kampas Rem dengan Matriks Epoxy

Authors

  • Deni Fajar Fitriyana UNDIP
  • Rahmat Doni Widodo
  • Kriswanto Kriswanto
  • Ahmad Athoillah
  • Ares Yudi Prasetyo
  • Mochamad Dzaki Alrasyid
  • Muhammad Bustanul Aripin
  • Saeful Dimyati
  • Agustinus Purna Irawan Fakultas Teknik, Universitas Tarumanagara, Jl. Letjen S. Parman No. 1; Jakarta Barat 11440.
  • Tezara Cionita Faculty of Engineering and Quantity Surveying, INTI International University, Nilai 71800, Negeri Sembilan, Malaysia
  • Januar Parlaungan Siregar Faculty of Mechanical & Automotive Engineering Technology, Universiti Malaysia Pahang, Pekan 26600, Pahang, Malaysia.

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v19i2.8752

Keywords:

Kampas rem, komposit, material gesek, sekam padi, sepeda motor

Abstract

Penelitian tentang material alam sebagai pengganti material asbes dalam komposit material gesek kampas rem motor terus mengalami peningkatan. Material dalam kategori biomassa sebagai reinforcement komposit agar mendapatkan karakteristik material yang sesuai standar material gesek kampas rem motor. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh fraksi volume sekam padi, aluminium oksida, dan besi oksida terhadap sifat mekanik dari spesimen komposit material gesek kampas rem. Proses pembuatan spesimen menggunakan metode hand lay-up dengan fraksi volume material epoksi (100 wt% dan 50 wt%), sekam padi (0 wt% dan 20 wt%), aluminium oksida (25 wt% dan 15 wt%), dan besi oksida (25 wt% dan 15 wt%). Pada penelitian ini, didapatkan pengaruh fraksi volume sekam padi, aluminium oksida, dan besi oksida terhadap sifat mekanik dari spesimen komposit material gesek kampas rem motor yaitu dapat meningkatkan nilai dari masing-masing hasil pengujian. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa penggunaan material epoksi 50 wt%, sekam padi 20 wt%, aluminium oksida 15 wt%, dan besi oksida 15 wt% membuat ikatan antar partikel spesimen komposit material gesek kampas rem motor semakin baik dikarenakan kandungan silikanya yang tinggi. Oleh karena itu, didapatkan spesimen komposit material gesek kampas rem sepeda motor dengan sifat mekanik yang baik sesuai standar SNI nomor 09-0143-1987 dan SAE J661-1997.

Author Biographies

Deni Fajar Fitriyana, UNDIP

Mechanical Engineer

Rahmat Doni Widodo

Jurusan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang, Jalan Taman Siswa Sekaran, Gunungpati Semarang 50229.

References

Harahap, D. A. (2023). Inilah 5 Provinsi dengan Jumlah Sepeda Motor Terbanyak 2022 - Otomotif Tempo.co.

Hariyanto, A. (2016). REKAYASA DAN MANUFAKTUR KOMPOSIT SANDWICH BERPENGUAT SERAT RAMI BERMATRIK POLIESTER DENGAN CORE BERPENGUAT SEKAM PADI BERMATRIK UREA FORMALDEHIDE UNTUK PANELLING. Jurnal Ilmiah Momentum, 12(2), 32–36.

Iman, N., & Widjanarko, D. (2020). Karakteristik Komposit Partikel Arang Kayu Akasia Bermatrik Epoxy Sebagai Salah Satu Alternatif Kampas Rem Non-Asbestos. Rotasi, 22(1), 7–13.

Irawan, A. P., Fitriyana, D. F., Tezara, C., Siregar, J. P., Laksmidewi, D., Baskara, G. D., Abdullah, M. Z., Junid, R., Hadi, A. E., Hamdan, M. H. M., & Najid, N. (2022). Overview of the Important Factors Influencing the Performance of Eco-Friendly Brake Pads. Polymers, 14(6), 1–22. https://doi.org/10.3390/polym14061180

Kapoor, S., & Sanjeev. (2016). A Paper Review on Scope of Non Asbestos and Natural Wastes Material. International Journal of Advanced Engineering Research and Science (IJAERS), 3(7), 107–112.

Lawal, S. S., Ademoh, N. A., Bala, K. C., & Abdulrahman, A. S. (2019). A Review of the Compositions, Processing, Materials and Properties of Brake Pad Production. Journal of Physics: Conference Series, 1378(3). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1378/3/032103

Mahfuzin, A. N., Respati, S. M. B., & Dzulfikar, M. (2019). ANALISIS FILTER KERAMIK BERPORI BERBASIS ZEOLIT ALAM DAN ARANG SEKAM PADI DALAM MENURUNKAN KANDUNGAN PARTIKEL AIR SUMUR GALIAN. 16(1), 9–25.

Mahfuzin, Alam Nasroh, Respati, S. M. B., & Dzulfikar, M. (2020). Analisis Filter Keramik Berpori Berbasis Zeolit Alam Dan Arang Sekam Padi Dalam Menurunkan Kandungan Partikel Air Sumur Galian. Jurnal Ilmiah Momentum, 16(1), 63–68. https://doi.org/10.36499/mim.v16i1.3363

Mawardi, I., Nurdin, Zaini, Usman, & Saifuddin. (2022). Karakteristik Kekuatan Impak dan Kekerasan Hybrid Biocomposite Berbasis Epoksi yang Diperkuat Serat Sabut Kelapa dan Serat Sintetis. 16(1), 1–8.

Nandiyanto, A. B. D., Hofifah, S. N., Girsang, G. C. S., Putri, S. R., Budiman, B. A., Triawan, F., & Al-Obaidi, A. S. M. (2021). The effects of rice husk particles size as a reinforcement component on resin-based brake pad performance: from literature review on the use of agricultural waste as a reinforcement material, chemical polymerization reaction of epoxy resin, to experiments. Automotive Experiences, 4(2), 68–82. https://doi.org/10.31603/ae.4815

Nguyen, H., Zatar, W., & Mutsuyoshi, H. (2017). 4 - Mechanical properties of hybrid polymer composite. In V. K. Thakur, M. K. Thakur, & A. B. T.-H. P. C. M. Pappu (Ed.), Hybrid Polymer Composite Materials Properties and Characterisation (hal. 83–113). Woodhead Publishing. https://doi.org/https://doi.org/10.1016/B978-0-08-100787-7.00004-4

Nurmala Shanti Dera, Saiful Ismail, Novriyanti Talango, S. I. (2023). SIFAT FISIK PAPAN KOMPOSIT LIMBAH SEKAM PADI BERPEREKAT POLIYESTER DENGAN SURFACE METODE. Jurnal Ilmiah Momentum, 19(1), 27–32.

OGAH, O., & Timothy, U. (2018). Mechanical Behavior of Agricultural Waste Fibers Reinforced Vinyl Ester Bio-composites. Asian Journal of Physical and Chemical Sciences, 5, 1–10. https://doi.org/10.9734/AJOPACS/2018/35841

Paramasivam, K., Jayaraj, J. J., & Ramar, K. (2020). Evaluation of natural fibers for the production of automotive brake pads replacement for asbestos brake pad Evaluation of Natural Fibers for the Production of Automotive Brake Pads Replacement for Asbestos Brake Pad. AIP Conference Proceedings, 040005(December), 1–9.

Prakusya, H., Wicaksono, S. T., & Purbawanto Hidayat, M. I. (2019). Pengaruh Komposisi Filler Limbah Polypropylene dan Sekam Padi terhadap Sifat Fisis dan Mekanik Komposit untuk Aplikasi Papan Semen Partikel. Jurnal Teknik ITS, 8(2). https://doi.org/10.12962/j23373539.v8i2.44579

Primaningtyas, W. E., Sakura, R. R., Suheni, Syafi’I, I., & Adhyaksa, A. A. G. A. D. (2019). Asbestos-free Brake Pad Using Composite Polymer Strengthened with Rice Husk Powder. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 462(1). https://doi.org/10.1088/1757-899X/462/1/012015

Shinde, D., & Mistry, K. N. (2017). Asbestos base and asbestos free brake lining materials : comparative study. International Journal of Scientific World, 5(1), 47. https://doi.org/10.14419/ijsw.v5i1.7082

Suhot, M. A., Hassan, M. Z., Aziz, S. A., & Md Daud, M. Y. (2021). Recent progress of rice husk reinforced polymer composites: A review. Polymers, 13(15). https://doi.org/10.3390/polym13152391

Taufik, A., Darmanto, & Imam Syafa’at. (2018). Analisis Keausan Kampas Rem pada Disk Break dengan Variasi Kecepatan.

Downloads

Published

2023-11-14

Issue

Section

Articles