Analisis Pengaruh Lalu Lintas Tol Semarang Terhadap Konsumsi BBM Kendaraan Penumpang 1300 CC
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v17i2.5563Keywords:
bahan bakar, kendaraan penumpang, konsumsi, , motor bakar.Abstract
Berbagai upaya untuk mendapatkan efisiensi konsumsi bahan bakar kendaraan telah dilakukan di dunia ini. Mulai dari perubahan konstruksi mesin, perilaku berkendara dan perubahan sistem kendali bahan bakar  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi BBM kendaraan penumpang terhadap lalu lintas jalan tol semarang. Penelitian menggunakan metode eksperimental pada mobil penumpang 1300 CC dengan variasi perbedaan jenis bahan bakar dan posisi roda gigi (gear transmission). Perilaku berkendara mengikuti pola mengemudi di jalan tol. Data pola berkendara di jalan tol direkan menggunakan On board diagnostic tool system. Dari hasil analisis bahwa semua bahan bakar yang menggunakan gigi tertinggi akan lebih hemat bahan bakarnya pada kendaraan penumpang dan Untuk bahan bakar paling hemat yaitu pada bahan bakar Pertalite dengan jarak tertinggi yaitu sebesar 37,99 km/L pada kecepatan 55 km/h, untuk Pertamax Turbo jarak paling jauh didapat pada kecepatan 65 km/h yaitu sebesar 29,45 km/L dan untuk Pertamax jarak terjauh yang di tempuh adalah 22,51 km/L pada kecepatan 60 km/h
References
Basyirun, W. (2008). Karnowo, 2008, Buku Ajar Mesin Konversi Energi. In Semarang: Universitas Negeri Semarang.
Chang, D. J., & Morlok, E. K. (2005). Vehicle speed profiles to minimize work and fuel consumption. Journal of transportation engineering. https://doi.org/10.1061/(ASCE)0733-947X(2005)131:3(173)
Imron, A. (2013). Troubleshooting Sistem EPI (Electronic Petrol Injection) Pada Mesin Suzuki Carry Futura 1.5 G15A. Universitas Negeri Semarang.
Nugroho, A., Walujo, I. B., & Sinaga, N. (2020). Kaji Eksperimental Penggunaan Dual Fuel Pada Mesin Diesel Berbahan Bakar Dexlite –Lpg. Momentum, 16(1), 75–79.
Priangkoso, T. (2010). Hubungan Tingkat Konsumsi Bahan Bakar Kendaraan Penumpang Dengan Perilaku Berkendaraan. Prosiding SNST Fakultas Teknik. https://www.ojs2.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/213
Putra, I. (2008). PERBANDINGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR GASOHOL DAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KANDUNGAN CO GAS …. Universitas Negeri Semarang.
Riyanti, A. (2016). Prinsip Kerja Motor Bensin 4 tak dan 2 tak.
Sinaga, N., Priangkoso, T., WIDAYANA, D., & ... (2011). Kaji eksperimental pengaruh beberapa parameter berkendaraan terhadap tingkat konsumsi bahan bakar kendaraan penumpang kapasitas silinder 1500–2000 cc. eprints.undip.ac.id. http://eprints.undip.ac.id/76474/
Sinaga, N., Purnomo, S. J., & Dewangga, A. (2013). Pengembangan model persamaan konsumsi bahan bakar efisien untuk mobil penumpang berbahan bakar bensin sistem injeksi elektronik (efi). eprints.undip.ac.id. http://eprints.undip.ac.id/75837/
Supriyatno, D., & Widayanti, A. (2010). Kinerja Layanan Bis Kota di Kota Surabaya. Jurnal Transportasi. https://journal.unpar.ac.id/index.php/journaltransportasi/article/view/374
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.