Analisis Pengaruh Lalu Lintas Tol Semarang Terhadap Konsumsi BBM Kendaraan Penumpang 1300 CC

Authors

  • Hasan Saputro
  • Tabah Priangkoso
  • Darmanto -

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v17i2.5563

Keywords:

bahan bakar, kendaraan penumpang, konsumsi, , motor bakar.

Abstract

Berbagai upaya untuk mendapatkan efisiensi konsumsi bahan bakar kendaraan telah dilakukan di dunia ini. Mulai dari perubahan konstruksi mesin, perilaku berkendara dan perubahan sistem kendali bahan bakar  Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsumsi BBM kendaraan penumpang terhadap lalu lintas jalan tol semarang. Penelitian menggunakan metode eksperimental pada mobil penumpang 1300 CC dengan variasi perbedaan jenis bahan bakar dan posisi roda gigi (gear transmission). Perilaku berkendara mengikuti pola mengemudi di jalan tol. Data pola berkendara di jalan tol direkan menggunakan On board diagnostic tool system. Dari hasil analisis bahwa semua bahan bakar yang menggunakan gigi tertinggi akan lebih hemat bahan bakarnya pada kendaraan penumpang dan Untuk bahan bakar paling hemat yaitu pada bahan bakar Pertalite dengan jarak tertinggi yaitu sebesar 37,99 km/L pada kecepatan 55 km/h, untuk Pertamax Turbo jarak paling jauh didapat pada kecepatan 65 km/h yaitu sebesar 29,45 km/L dan untuk Pertamax jarak terjauh yang di tempuh adalah 22,51 km/L pada kecepatan 60 km/h

References

Basyirun, W. (2008). Karnowo, 2008, Buku Ajar Mesin Konversi Energi. In Semarang: Universitas Negeri Semarang.

Chang, D. J., & Morlok, E. K. (2005). Vehicle speed profiles to minimize work and fuel consumption. Journal of transportation engineering. https://doi.org/10.1061/(ASCE)0733-947X(2005)131:3(173)

Imron, A. (2013). Troubleshooting Sistem EPI (Electronic Petrol Injection) Pada Mesin Suzuki Carry Futura 1.5 G15A. Universitas Negeri Semarang.

Nugroho, A., Walujo, I. B., & Sinaga, N. (2020). Kaji Eksperimental Penggunaan Dual Fuel Pada Mesin Diesel Berbahan Bakar Dexlite –Lpg. Momentum, 16(1), 75–79.

Priangkoso, T. (2010). Hubungan Tingkat Konsumsi Bahan Bakar Kendaraan Penumpang Dengan Perilaku Berkendaraan. Prosiding SNST Fakultas Teknik. https://www.ojs2.unwahas.ac.id/index.php/PROSIDING_SNST_FT/article/view/213

Putra, I. (2008). PERBANDINGAN PENGGUNAAN BAHAN BAKAR GASOHOL DAN PREMIUM TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR DAN KANDUNGAN CO GAS …. Universitas Negeri Semarang.

Riyanti, A. (2016). Prinsip Kerja Motor Bensin 4 tak dan 2 tak.

Sinaga, N., Priangkoso, T., WIDAYANA, D., & ... (2011). Kaji eksperimental pengaruh beberapa parameter berkendaraan terhadap tingkat konsumsi bahan bakar kendaraan penumpang kapasitas silinder 1500–2000 cc. eprints.undip.ac.id. http://eprints.undip.ac.id/76474/

Sinaga, N., Purnomo, S. J., & Dewangga, A. (2013). Pengembangan model persamaan konsumsi bahan bakar efisien untuk mobil penumpang berbahan bakar bensin sistem injeksi elektronik (efi). eprints.undip.ac.id. http://eprints.undip.ac.id/75837/

Supriyatno, D., & Widayanti, A. (2010). Kinerja Layanan Bis Kota di Kota Surabaya. Jurnal Transportasi. https://journal.unpar.ac.id/index.php/journaltransportasi/article/view/374

Downloads

Published

2021-10-31

Issue

Section

Articles