Pengaruh Variasi Clutch Housing dan Jenis Clutch Carrier Terhadap Daya pada CVT Sepeda Motor 110 cc
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v19i2.9123Keywords:
clutch housing, clutch carrier, dayaAbstract
Clutch housing merupakan bagian komponen kendaraan yang berfungsi menerima putaran dari kampas kopling, yang selanjutnya akan didistribusikan ke roda belakang. Sedangkan clutch carrier memiliki peran untuk menyalurkan dan memutus tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang dengan gaya sentrifugal. Semakin tinggi RPM semakin tinggi juga gaya sentrifugal pada pembawa kopling untuk menekan housing kopling. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh dari variasi housing kopling dan jenis pembawa kopling dengan dilakukan pengujian dari komponen-komponen tersebut. Pengujian dilakukan pada kecepatan putaran mesin 4000-8000 rpm dengan kelipatan 1000 rpm menggunakan dyno test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variasi housing kopling standar, housing kopling bubut kartel, dan jenis kopling pembawa standar, pembawa kopling kevlar. Untuk variabel terikat yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas, yaitu daya (Hp). Pada proses pengujian diperlukan variabel kontrol yang meliputi kondisi sepeda motor sesuai dengan spesifikasi pabrik, dan bahan bakar kendaraan menggunakan pertalite. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa daya terendah yaitu 8,08 Hp diperoleh pada variasi clutch housing standart dengan jenis clutch carrier standart dan daya tertinggi yaitu 8,83 Hp diperoleh pada variasi clutch housing kartel dengan jenis clutch carrier kevlar pada putaran mesin 7000 rpm.
References
Arifin, Z. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan Education Research Methodology. Jurnal Al-Hikmah, 1 - 5.
Ma’mun, S. 2021. Pengaruh Penggantian Pegas Kopling dan Rumah Kopling Custom Terhadap Unjuk Kerja Mesin, Akselerasi dan Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Vario 150 (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Indonesia).
Mukhtarifin, M., Dwi, A. A., dan Siswanto, W. A. 2020. Optimisasi - Desain Clutch Housing pada Continuously Variable Transmission (CVT) Sepeda Motor Berdasarkan Natural Frekuensi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Nurcahya, R. 2021. Pengaruh Konstanta Driven Face Spring Terhadap Peforma Kendaraan Beat 110 Cc. 4 - 17
Rahmanto, R. H. 2014. Modifikasi Kopling Jenis Plat Banyak dengan Pemberian Lubang – Lubang pada Plat Baja Untuk Meningkatkan Efektifitas Kerja Kopling. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin. 1 - 7
Saragih, A. M., Boy, A.F., dan Murniyanti, S. 2021. Sistem Pakar Untuk Identifikasi Kerusakan Continuous Variable Transmission (CVT) Sepeda Motor Yamaha Nmax Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Website (Studi Kasus: Adi Bedoel Motor Service). Jurnal CyberTech, 1 – 13
Ulfa, R. 2021. Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 342 – 351.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.