Pengaruh Variasi Clutch Housing dan Jenis Clutch Carrier Terhadap Daya pada CVT Sepeda Motor 110 cc

Authors

  • Siti Shafiya Ayu Panjalu
  • Khambali Khambali

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v19i2.9123

Keywords:

clutch housing, clutch carrier, daya

Abstract

Clutch housing merupakan bagian komponen kendaraan yang berfungsi menerima putaran dari kampas kopling, yang selanjutnya akan didistribusikan ke roda belakang. Sedangkan clutch carrier memiliki peran untuk menyalurkan dan memutus tenaga putaran mesin dari CVT depan ke belakang dengan gaya sentrifugal. Semakin tinggi RPM semakin tinggi juga gaya sentrifugal pada pembawa kopling untuk menekan housing kopling. Tujuan dari dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui adanya pengaruh dari variasi housing kopling dan jenis pembawa kopling dengan dilakukan pengujian dari komponen-komponen tersebut. Pengujian dilakukan pada kecepatan putaran mesin 4000-8000 rpm dengan kelipatan 1000 rpm menggunakan dyno test. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah variasi housing kopling standar, housing kopling bubut kartel, dan jenis kopling pembawa standar, pembawa kopling kevlar. Untuk variabel terikat yang menjadi akibat karena adanya variabel bebas, yaitu daya (Hp). Pada proses pengujian diperlukan variabel kontrol yang meliputi kondisi sepeda motor sesuai dengan spesifikasi pabrik, dan bahan bakar kendaraan menggunakan pertalite. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa daya terendah yaitu 8,08 Hp diperoleh pada variasi clutch housing standart dengan jenis clutch carrier standart dan daya tertinggi yaitu 8,83 Hp diperoleh pada variasi clutch housing kartel dengan jenis clutch carrier kevlar pada putaran mesin 7000 rpm.

References

Arifin, Z. 2020. Metodologi Penelitian Pendidikan Education Research Methodology. Jurnal Al-Hikmah, 1 - 5.

Ma’mun, S. 2021. Pengaruh Penggantian Pegas Kopling dan Rumah Kopling Custom Terhadap Unjuk Kerja Mesin, Akselerasi dan Konsumsi Bahan Bakar pada Sepeda Motor Vario 150 (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Indonesia).

Mukhtarifin, M., Dwi, A. A., dan Siswanto, W. A. 2020. Optimisasi - Desain Clutch Housing pada Continuously Variable Transmission (CVT) Sepeda Motor Berdasarkan Natural Frekuensi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Nurcahya, R. 2021. Pengaruh Konstanta Driven Face Spring Terhadap Peforma Kendaraan Beat 110 Cc. 4 - 17

Rahmanto, R. H. 2014. Modifikasi Kopling Jenis Plat Banyak dengan Pemberian Lubang – Lubang pada Plat Baja Untuk Meningkatkan Efektifitas Kerja Kopling. Jurnal Ilmiah Teknik Mesin. 1 - 7

Saragih, A. M., Boy, A.F., dan Murniyanti, S. 2021. Sistem Pakar Untuk Identifikasi Kerusakan Continuous Variable Transmission (CVT) Sepeda Motor Yamaha Nmax Menggunakan Metode Certainty Factor Berbasis Website (Studi Kasus: Adi Bedoel Motor Service). Jurnal CyberTech, 1 – 13

Ulfa, R. 2021. Variabel Penelitian Dalam Penelitian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Keislaman, 342 – 351.

Downloads

Published

2023-10-30

Issue

Section

Articles