PENGARUH JENIS PELUMAS MESIN TERHADAP KONSUMSI BAHAN BAKAR SEPEDA MOTOR
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v9i2.924Abstract
Jenis pelumas mesin mempengaruhi konsumsi bahan bakar kendaraan bermotor. Jenis pelumas dibedakan menurut viskositasnya. Jenis pelumas dengan viskositas tinggi akan menghasilkan konsumsi bahan bakar yang lebih tinggi, begitu juga sebaliknya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh jenis pelumas terhadap konsumsi bahan bakar kendaraan. Perbedaan viskositas pelumas ditunjukkan dari spesifiasi pelumas mesin yang digunakan pada sepeda motor uji dengan SAE 10W40, SAE 15W40 dan SAE 20W40. Kendaraan yang digunakan sebagai kendaraan uji adalah sepeda motor Suzuki Satria Fu 150cc, Suzuki Smash 110cc dan Yamaha Vega R 110cc dengan bahan bakar Premium produksi PT Pertamina. Pengukuran konsumsi bahan bakar dilakukan dengan mengendarai sepeda motor uji pada jalan raya dengan arus lalu lintas normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin rendah nilai SAE pelumas maka SAE konsumsi bahan bakarnya akan semakin kecil, begitupun sebaliknya bila nilai SAE semakin tinggi maka konsumsi bahan bakarnya semakin besar. Penggunaan pelumas SAE 10W40 menghasilkan konsumsi bahan bakar ratarata 37,76 km/L, SAE 15W40 sebesar 35,81 km/L dan SAE 20W40 sebesar 34,79 km/L. Peningkatan efisiensi karena penggunaan pelumas SAE 10W40 dibanding SAE 15W40 sebesar 5,44% , dibanding SAE 20W40 sebesar 8,56%. Sedangkan penggunaan SAE 15W40 dibanding pelumas SAE 20W40 memberikan pengingkatan efisiensi sebesar 2,93%.
Kata Kunci: SAE,sepeda motor, konsumsi bahan bakar.
Downloads
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.