Analisis Pengaruh Jenis BBM Terhadap Konsumsi BBM Kendaraan Penumpang 1200 CC di Lalu Lintas Tol Semarang
DOI:
https://doi.org/10.36499/jim.v17i1.4368Keywords:
bahan bakar, kendaraan penumpang, konsumsi, motor bakar.Abstract
Motor bakar merupakan mesin kalor yang menggunakan energi panas untuk melakukan kerja mekanis atau mengubah energi panas menjadi tenaga mekanis. Motor bakar itu memerlukan bahan bakar yang sesuai mesin itu sendiri agar bekerja dengan baik dan menghasilkan tenaga yang optimal, maka perlu meneliti tentang pengaruh konsumsi BBM kendaraan penumpang terhadap lalu lintas di jalan tol Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh konsumsi BBM kendaraan penumpang terhadap lalu lintas di jalan tol Semarang. Dari hasil analisis bahwa semua bahan bakar yang menggunakan gigi tertinggi akan lebih hemat bahan bakarnya pada kendaraan penumpang dan konsumsi bahan bakar yang paling hemat adalah Pertamax pada semua kecepatan bisa menempuh jarak 18,42 km/L sedangkan yang paling boros yaitu Pertalite cuma menempuh jarak 17,2 km/L.References
M K Jannah. (2014). Pertalite Versus Premium-Studi Tentang Berbagai Tipe Bahan Bakar Terhadap Prestasi Mesin Mobil Toyota. www.okezone.com
Sinaga, N., Priangkoso, T., WIDAYANA, D., & ... (2011). Kaji eksperimental pengaruh beberapa parameter berkendaraan terhadap tingkat konsumsi bahan bakar kendaraan penumpang kapasitas silinder 1500–2000 cc. eprints.undip.ac.id. http://eprints.undip.ac.id/76474/
Sinaga, N., Purnomo, S. J., & Dewangga, A. (2013). Pengembangan model persamaan konsumsi bahan bakar efisien untuk mobil penumpang berbahan bakar bensin sistem injeksi elektronik (efi). eprints.undip.ac.id. http://eprints.undip.ac.id/75837/
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
The journal allow the authors to hold the copyright without restrictions and allow the authors to retain publishing rights without restrictions.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.