Analisis Variasi Kecepatan Angin Terhadap Keausan Kampas Rem

Authors

  • Ahmad Syarafi Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik, Universitas Wahid hasyim Jl. Menoreh Tengah X/22. Sampangan, Semarang 50236
  • Darmanto Darmanto Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik, Universitas Wahid hasyim Jl. Menoreh Tengah X/22. Sampangan, Semarang 50236
  • Agung Nugroho Jurusan Teknik Mesin , Fakultas Teknik, Universitas Wahid hasyim Jl. Menoreh Tengah X/22. Sampangan, Semarang 50236

DOI:

https://doi.org/10.36499/jim.v17i1.4382

Keywords:

kampas rem, kecepatan angin, keausan

Abstract

Kampas rem merupakan salah satu bagian dari kendaraan bermotor yang bekerja untuk memperlambat atau menghentikan laju kendaraan bermotor. Dalam konsep pengereman hal yang tidak dapat dihindarkan adalah sebuah keausan. Keausan terjadi apabila dua buah benda yang saling menekan dan saling bergesekan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kecepatan angin terhadap volume dan laju keausan kampas rem, penelitian ini dengan menggunakan alat uji keausan kampas rem dengan variasi kecepatan angin 0, 5, 10, 15, 20 km/j dengan beban pengereman 2 Kg. Durasi waktu pengujian yaitu 50 menit yang dilakukan penimbangan per10 menit. Hasil penelitian ini nilai volume keausan tertinggi terjadi pada variasi angin 0 km/j sisi kampas A 102,69 mm3 dan sisi B 81,42 mm3, nilai rata-rata volume keausan yang terbesar terjadi pada variasi kecepatan angin 0 km/j sisi A 67,631 mm3 dan sisi B 55,381 mm3, sedangkan nilai laju keausan yang terbesar terjadi pada variasi kecepatan angin 0 km/j sisi A 1,1E-07 gr/s.mm² sisi B 9,6E-08 gr/s.mm², nilai rata rata laju keausan terbesar terjadi pada variasi kecepatan angin 0 km/j sisi A 8,63E-08 gr/s.mm² sisi B 7,20E-08 gr/s.mm², nilai volume keausan terkecil terjadi pada variasi angin 20 km/j sisi kampas A 51,34 mm3 dan sisi B 46,21mm3, nilai rata-rata volume keausan yang terkecil terjadi pada variasi kecepatan angin 20 km/j sisi A 35,062 mm3 dan sisi B 32,642 mm3, sedangkan nilai laju keausan yang terkecil terjadi pada variasi kecepatan angin 20 km/j sisi A 3,7E-08 gr/s.mm² sisi B 3,3E-08 gr/s.mm², nilai rata rata laju keausan terkecil terjadi pada variasi kecepatan angin 20 km/j sisi A 4,48E-08 gr/s.mm² dan sisi B 4,28E-08 gr/s.mm²

References

Arlina, 2018, Soal Fisika Kecepatan. http://soalfisika85.blogspot.com/2018/roda-berjari-jari-14-cm-berputar-dengan.html/m=1 (diakses 26 Januari 2021)

Asri, (2018), “Analisis keausan kampas rem pada disc brake dengan variasi material kampas remâ€, Momentum, Vol 14, No 2, Oktober 2018, Hal. 13- 16, Universitas Wahid Hasyim Semarang.

Blau, (1997), “Friction Scienceand Technologyâ€, From Concepts to Applications, Taylor & Francis.

Bredhauer, Wilhem et al, 1993, Impluse Physik jilid 1, Stuttgarnd: Ernst Klett Schubuchvelag.

Ian Hardianto Siahaan, (2008), Kinerja rem tromol terhadap kinerja rem cakram kendaraan roda dua pada pengujian stasioner, Teknik mesin universitas kristen pertra surabaya.

Lancaster J. G. Dowson D. Isaac G. H. and Fisher J., (1997), The Wear Of UltraHigh Moleculer Weight Polyethylene Sliding On Metallic And Ceramic Counterfaces Reepresentative Of Current Femoral Surface In Join Replacement, Proc Instn Mech Engrs, Vol 211 Part H.

Murjana, Angga, 2020, Rumus Kecepatan, Jarak, Waktu dan Contoh Soal. https://rumusrumus.com/kecepatan-jarak-waktu-contoh-soal (diakses 26 Januari 2021)

Multazam, Ahmad, Ahmad Zaenuri, dan Sujita, 2012, Analisa Pengaruh Variasi Merek Kampas Rem Tromol dan Kecepatan Sepeda Motor Honda Supra X125 Terhadap Keausan Kampas Rem. Dinamika Teknik Mesin, 2(2).

Naim, S, 2017, Analisis Keausan Kampas Rem Pada Disc Break Menggunakan Variasi Torsi, Teknik Mesin Universitas Wahid Hasyim, Semarang.

Sukamto, (2012), Analisis keausan kampas rem pada sepeda motor, Jurnal Teknik vol 2 no 1, Teknik Mesin Universitas Janabadra, Yogyakarta.

Otoflik, 2018, 20 Komponen Rem Ckaram dan Fungsi-Fungsinya. https://www.otoflik.com/komponen-rem-cakram/ (diakses 13 November 2020).

R.S. Khurmi, J.K.Gupta, (2005), Machine Desain (SI Units), Eurasia publising House.PVT.LTD.

Sayid, (2015), Analisis keausan kampas rem cakram asbestos dan non asbestos dengan variasi beban pengereman dan berat pengendara, Teknik Mesin Universitas Matram.

Stachowiak, G.W. and A. W. Batchelor, (2000), Engineering Tribology Ed, Butterworth-Heineman.

Taufik, Ahmad, Darmanto, dan Imam Syafa’at, 2018, Analisi Keausan Kmapas Rem Pada Disk Break Dengan Variasi Kecepatan, Momentum, 1(14), 27-32.

Zum Ghar,K.H, (1987), Microstructure and Wear of Material, Tribology Series, Elsevier, Amsterdam.

Downloads

Published

2021-04-30

Issue

Section

Articles