Main Article Content

Abstract

Perkembangan bisnis tanaman hias yang penuh persaingan menuntut setiap pelaku usaha yang bergerak dalam usaha penjualan tanaman hias memiliki pengetahuan mengenai perilaku konsumen terhadap keputusan pembelian tanaman hias. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian tanaman hias di Erista Garden, jenis tanaman yang paling diminati konsumen dan karakteristik tempat yang mempengaruhi keputusan pembelian tanaman hias di Erista Garden. Penelitian ini menggunakan metode dasar deskriptif kualitatif. Metode pelaksanaan ini menggunakan metode studi kasus, pengambilan sampel responden menggunakan teknik slovin dari populasi masyarakat Kabupaten Sleman. Jumlah sampel 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat variabel dianalisis dengan regresi linier berganda. Hasil analisis variabel faktor budaya dan variabel faktor sosial berpengaruh tidak nyata terhadap keputusan pembelian tanaman hias di Erista Garden. Sedangkan variabel faktor pribadi dan variabel faktor psikologi berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian tanaman hias di Erista Garden. Hasil analisis jenis tanaman yang paling diminati konsumen yaitu bunga marigold. Dan hasil analisis karakteristik tempat yang mempengaruhi keputusan pembelian yaitu pada atribut kualitas produk dan promosi produk.

Article Details

References

  1. Eliza, Sayamar, E., & Kaswita, C. (2011). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Buah Di Pasar Arengka (Pasar Tradisional) Dan Giant Hypermarket (Pasar Modern) Di Kecamatan Tampan Kota Pekanbaru. Indonesia. Journal of Agricultural Economics (IJAE), 2(1), 15–34.
  2. Ghozali, Imam. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 21. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang
  3. Kamelta, E. (2013). Pemanfaatan Internet Oleh Mahasiswa Teknik Sipil Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang. Cived, 1, 142–146.
  4. Kotler & Gary Amstrong, (2016). Dasar-dasar Pemasaran. Edisi Ketujuh. Jakarta: PT. Prenhallindo
  5. Kotler, Philip(2005). Manajemen Pemasaran 1. Jakarta: Indeks
  6. Kurniawati, D. I., Sampurno, & Mx, D. (2017). Brand Image, Quality Product, Price Marcks Venus Powder on Purchase Decision it’s Impact Customer Satisfaction. Journal Economic. 19(3), 314–331.
  7. Lamb, Charles. W. et.al. 2001. Pemasaran. Buku I Edisi Pertama. Penerbit Salemba Empat. Jakarta
  8. Notoatmodjo, Soekidjo. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta
  9. Putri, M.S (2021). Pengaruh Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Tanaman Hias Dalam Perspektif Ekonomi Islam Di Banda Aceh. [Skripsi]. Program Studi Ekonomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisinis Islam Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
  10. Syahri, Ade. 2010. Pengaruh Budaya, Sosial, Pribadi, dan Psikologis terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Perusahaan Media Cetak Surat Kabar Hairan Monitor Depok). [Skripsi]. Jakarta: Program Studi Manajemen Universitas Islam Negeri Syarief Hidayatullah Jakarta
  11. Zulkarnain. (2010). Dasar Dasar Hortikultura. Jakarta: Bumi Aksara.