Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui persentase penggunaan media digital yang digunakan oleh pelaku UMKM olahan pangan di Kota Gorontalo, 2) Menganalisis pengaruh Digital Marketing terhadap Agresivitas Kinerja Pemasaran pada UMKM olahan pangan di Kota Gorontalo. Metode penelitian stastistik kuantitatif dengan sampel pelaku usaha UMKM di Kota Gorontalo dengan jumlah sampel sebanyak 23 responden menggunakan Teknik Purposive Sampling dengan kriteria penelitian. Teknik analisis data menggunakan analisis instrumen penelitian, analisis uji asumsi klasik, analisis metode penelitian, analisis hipotesis dengan model regresi linear sederhana menggunakan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Persentase penggunaan media digital pada UMKM olahan pangan di Kota Gorontalo menggunakan media sosial, e-commerce, dan website. 2) Digital Marketing memiliki pengaruh secara signifikan terhadap Agresivitas Kinerja Pemasaran UMKM olahan pangan di Kota Gorontalo dengan nilai adjusted R2 sebesar 0,507 atau sebesar 50,7%, sedangkan nilai sisanya sebesar 49,3% dijelaskan oleh faktor-faktor lain.

Kata kunci:    Pemasaran Digital; Agresivitas Kinerja Pemasaran; UMKM.

Article Details

References

  1. Detloitte Acces Economics. 2015. UKM Pemicu Pertumbuhan Indonesia. https://www2.deloitte.com/content/dam/Deloitte/id/Documents/finance/id-fas-sme-powering-indonesia-success-report-bahasa-noexp.pdf. Diakses tanggal 15 September 2022
  2. Fajrillah, Fajrillah, et al. 2020. Smart entrepreneurship: peluang bisnis kreatif & inovatif di era digital. E-ISBN: 978-623-6512-47-0 (online). Yayasan Kita Menulis.
  3. Ghozali, Imam. 2021. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Badan Penerbit Universitas Diponegoro, Semarang.
  4. Hardilawati, Laura. Wan. (2020). “Strategi Bertahan UMKM di Tengah Pandemi Covid-19â€. Jurnal Akuntansi dan Ekonomika, Vol.10. No. 1. Hal. 89–98.
  5. Hernita, Nita., dan Ginanjar, Yogi. (2021). “Managerial Aspect and Digital Marketing of Micro, Small and Medium Enterprises in West Javaâ€. Journal IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, Vol. 748. No. 1. Hal. 012035.
  6. Kurniawan, Agung Widhi., dan Zarah Puspitaningtyas. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif. Pandiva Buku, Yogyakarta.
  7. Lestari, Sri. (2022). “Digital Marketing Strategy For MSMEs in the vuca era (Volatility, Uncertainty, Complexity, and Ambiguity):(Case Study of Snacks MSMEs" The Kriuk")â€. Journal Of Humanities, Social Sciences and Business (JHSSB), 2(1), 47–53.
  8. Marbun, Dwita Soave Natio., dan Simanjuntak, Mariana. 2021. Pengaruh Digital Marketing Terhadap Peningkatan Kinerja Pemasaran UMKM Pariwisata di Kabupaten Toba Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Ekonomi-Bisnis). ISSN 2808-2826. Hal. 130-142.
  9. Naila Farida. (2016). “Determinants Of Marketing Performance: Innovation, Market Capabilities And Marketing Performanceâ€. Jurnal Dinamika Manajemen. Vol. 7. No. 1. Hal. 56-65.
  10. Panjaitan, Roymon., Moonti, Agustinus., dan Adam, Echan. (2021). “Technology Readiness and Digital Competing Capabilities: Digital Value Resonanceâ€. Shirkah: Journal of Economics and Business, Vol. 6. No.2. Hal 205-226.
  11. Ramadhany, Berliana Riestian. dan Octaverina, K. Pritasari. 2020. “Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pemasaran Terhadap Produk Nurayya Sampo Dandruff Tanpa Kandungan Slsâ€. E-Jurnal Tata Rias Universitas Negeri Surabaya. Vol. 9. No. 2. Hal. 51–59.
  12. Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & RND. Alfabeta, Bandung.
  13. Visser, Marjolein., Sikkenga, Berend., & Berry, Mike. 2021. Digital Marketing Fundamentals. eBook From Strategy to ROI (2nd edition). Routledge. https://doi.org/10.4324/9781003203650. di akses pada tanggal 20 september 2022.