Main Article Content

Abstract

KSU “Buah Ketakasi’ adalah agroindustri yang melakukan pengolahan kopi robusta organik mulai hulu hingga hilir yang telah terakreditasi resmi dan memiliki beragam serifikat organik namun penjulan kopi robusta organik belum maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) karakteristik konsumen, (2) proses keputusan pembelian produk dan (3) faktor – faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian produk kopi robusta organik KSU ‘Buah Ketakasi’. Metode pengambilan contoh penelitian ini menggunakan accidental sampling. Analisis data yang digunakan adalah statistic deskriptif dan regresi logit. Hasil penelitian menunjukan bahwa (1) karakteristik umum konsumen dapat dideskripsikan masyarakat diusia dewasa (53%), berjenis kelamin laki –laki (69%), tingkat pendidikan sedang (53%), berstatus sudah menikah (89%), dengan jenis keluarga nuclear family (89%), menggeluti pekerjaan non formal (58%), berpendapatan tinggi (72%), tinggal di wilayah kota (64%), dan memiliki motivasi pembelian untuk kesehatan (39%), (2) proses keputusan pembelian konsumen kopi robusta organik KSU ‘Buah Ketakasi’ melalui lima tahap. Konsumen melakukan keseluruhan tahapan proses dengan baik, ditunjukan dengan 94% konsumen berniat untuk melakukan pembelian ulang terhadap produk kopi KSU ‘Buah  Ketakasi’. (3) faktor – faktor yang berpengaruh nyata terhadap keputusan pembelian konsumen terhadap produk kopi KSU ‘Buah Ketakasi’ adalah jam kerja, tanggungan keluarga, motivasi pembelian, informasi dan juga kemasan, sedangkan faktor lain tidak berpengaruh secara signifikan.

Article Details

References

  1. Amanaturrohim, H. (2015). Pengaruh Pendapatan dan Konsumsi Rumah Tangga Terhadap Kesejahteraan Keluarga Petani Penggarap Kopi di Kecamatan Candiroto Kabupaten Temanggung.
  2. Awaru, A. O. T. 2021. Sosiologi Keluarga. Bandung : Media Sains Indonesia
  3. Badan Pusat Statistik. (2020). Statistik Indonesia 2020. Jakarta: Kementerian Pertanian
  4. Badan Pusat Statistik. Kabupaten Jember dalam Angka 2020. Surabaya: Kementerian Pertanian.
  5. Firmansyah, A. 2018. Perilaku Konsumen (Sikap dan Pemasaran). Yogyakarta: CV. Budi Utama.
  6. Hasnidar, R. Pratiwi., M. A. Winardi., M. Iswandi., M. Shaleh., R. W. Andary., A. Sudirman., F.X.A.Subroto., K. Jatinegara., E. Sesesli., S. I. Putri., F. Satria., A. W. 2021. Pemasaran Terpadu. Bandung: CV. Media Sains Indonesia.
  7. Jamal, S.M.A., E. Praetyo., K. B. 2021. Kesediaan Membayar ( Willingness To Pay ) Terhadap Produk Coffee Latte Di Coffeshop Willingness To Pay Of Coffee Latte Product In Semarang City. Undip E- Jurnal, 1(1) : 1- 9
  8. Kurniawan, D. T., Anugrahani, I. S., Prasasti, A., & Fitri, R. 2021. Pelatihan dan Pendampingan UMKM di Desa Gajahrejo dalam Pembuatan Desain Kemasan Inovatif Oleh-Oleh Khas Malang Untuk Meningkatkan Daya Saing Produk. Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 3(1): 22-29
  9. Laksono, D. D., D. A. I. 2018. Pengaruh gaya hidup dan keputusan pembelian helm kbc pendapatan terhadapKeputusan Pembelian Helm Kbc. Jurnal Riset Manajemen Dan Bisnis (JRMB), 3(2), 155–164.
  10. Mizfar, Fityan., dan A. Singa. 2015. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian Kopi Instan. SEPA, 11(2), 175–180.
  11. Nasution, K. S. Y. 2019. Segmentasi dan analisis perilaku konsumen kopi organik di medan. Skripsi. Universitas Jember
  12. Prabasiwi, Y.P., A. Kusmiati. 2019. Faktor - Faktor yang Mempengaruhi Knumi Prdk Kp Arabika Matt Coffe di Kabupaten Bondowoso. Skirpsi : Universitas Jember
  13. Pranata, B. P. 2015. Pengaruh Kualitas Produk, Kemasan, dan Harga Terhadap Keputusan Konsumen Dalam Pembelian Produk “Kapal Api†di Kec. Ngadiluwih Kab. Kediri. Skripsi. Fakultas Ekonomi Universitas Nusantara PGRI Kediri.
  14. Purboyo, S. Hastutik., G.P.E Kusuma., A. Sudirman., S. S. Sangadji., A. Wardhana., R.D. Kartika., Erwin., N. Hilal., Syamsuri., S. Siahainenia., N. Marlena. 2021. Perilaku Konsumen (Tinjauan Koseptual dan Praktik). Bandung : Penerbit Media Sains Indonesia.
  15. Purdiani, M. 2014. Hubungan Penggunaan Minuman Berkafein Terhadap Pola Tidur Dan Pengaruhnya Pada Tingkah Laku Mahasiswa/I Universitas Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(1), 1–15.
  16. Safira, M. R. 2020. Perilaku Konsumen Gula Putih Bermerek Dan Tidak Bermerek Di Kabupaten Jember. Skripsi.Universitas Jember
  17. Solikatun., D. T. Kartono., A. D. 2015. Perilaku Konsumen Kopi Sebagai Budaya Masyarakat Konsumsi: Studi Fenoenologi pada Peminum Kopi di Kedai Kopi Kota Semarang). Jurnal Analisa Sosiologi, 4(1), 60–74.
  18. Sumarniasih, M. S. 2018. Pertanian Organik dan Gaya Hidup Sehat. Surabaya. Prosiding
  19. Sutanto, R. (2002). Pertanian Organik Menuju Pertanian Alternatif dan Berkelanjutan. Depok: Kanisius.
  20. Tanjung, Albar. A., M. 2021. Metodologi Penelitian: Sederhana, Ringkas, Padat dan Mudah Dipahami. Surabaya: Scopindo.
  21. Widyahstuti, A. 2021. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Minuman Kopi Di Kedai Kopi Janji Jiwa. Skripsi. Universitas Islam Malang
  22. Wulandari, Risky. 2022. Manfaat dan Khasiat Teh, Kopi, Susu, dan Gula. Yogyakarta: CV. Andi Offset
  23. Yulianti, Y., Y. Deliana. 2018. Gaya Hidup Kaitannya Dengan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Minuman Kopi. Agrisep,17(1): 39 – 50
  24. Zulkifly, S., Darmawan, I., & Tambunan, V. 2017. Manfaat Kopi untuk Mencegah Penyakit Alzheimer, CDK-257, 44(10): 742–744.