Main Article Content

Abstract

cabai merah (Capsicum annuum) adalah komponen yang terkenal ditemukan di banyak tanaman. Tujuan utama artikel ini adalah untuk: 1) menganalisis karakteristik konsumen di Kabupaten Pesisir Selatan; 2) Menganalisis berbagai faktor yang mempengaruhi konsumsi cabai di Kabupaten Pesisir Selatan. Dengan menggunakan teknik yang dikenal sebagai 65 responden identik dipilih melalui random sampling. Metode kualitatif deskriptif dan analisis kuantitatif berdasarkan garis regresi adalah dua metode yang digunakan dalam analisis ini. Hasilnya adalah karakteristik konsumen konsumsi cabai merah di Kabupaten Pesisir Selatan, perempuan (69,23 persen) dengan rentang usia 25 hingga 28 tahun sebanyak 62 responden, dan berusia 33 hingga 36 tahun ada 12 responden dengan presentase. (18,4 persen), pendidikan tertinggi SMA 25 responden dengan presentase (38,7 persen), responden dengan status menikah 58 responden dengan presentase (89,2 persen), dengan pendapatan 1,3 juta hingga 1,5 juta sebanyak 46 responden dengan presentase (70,8 persen) dan 6-7 anggota keluarga 21 responden (32,3 persen) . Hasil penelitian menunjukkan bahwa harga berpengaruh besar terhadap konsumsi cabai merah di Kabupaten Pesisir Selatan. Dan variabel harga berpengaruh signifikan.

Article Details

Author Biography

Angelia Leovita, Universitas Tamansiswa

Dosen Tetap Pada Prodi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Tamansiswa Padang

References

  1. Aprilia, L. (2018). Pengaruh Pendapatan, Jumlah Anggota Keluarga Dan Pendidikan Terhadap Pola Konsumsi Rumah Tangga Miskin Dalam Persspektif Ekonomi Islam. Lampung: Universitas Islam Negeri Intan Lampung
  2. Aisyah Arfani, M. Salmiah dan M. Jufri Faktor-Faktor Yang Mengukur Kepuasan Konsumen Melalui Konsumsi Konsumenhttps://www.neliti.com/id/publications/15122/faktor-faktor-yang mempengaruhi- sikap-konsumen-dalam-mengkonsumsi-cabai-merah-st
  3. Balitbang Pertanian. (2015). Inovasi Hortikultura Pengungkit Peningkatan Pendapatan Rakyat (IAARD Press). Jakarta.
  4. Diwanti, D. O. (2018). Analisis . Perilaku Konsu.men Terhadap Permintaan Cabai Merah (Capsiicum Annum L). (Studi Kasus: Pasar Kam.pung Lallang, Kotamedan). Medan: Universitas Muhammaddiyah Sumatra Utara.
  5. Farah, K., Eddy Prasetyo, & Wiludjeng Roessali. (2019). Analisis Sikap Konsumen Pada Pembelian Beras di Kota Salatiga. Sosial Ekonomi Dan Kebijakan Ekonomi Pertanian., 3 (1), 10–18.
  6. Firnando, hengki, & Evo Afrianto. (2020). Analiisis Faktor yg mempengaruhi permintaan cabe merah di pasar Bunggur Kabupaten Bunngo. Agribusiness Future, 2 (1), 61–67.
  7. Fitriana. (2015). Analiisis perbandinggan sikap konsumen. dalam memiilih produk miyak goreng kemasan dan curah (studi kasus ibu rumah tangga di Kota Pekanbaru). JOM FEKON, 2 (1), 1–14.
  8. Hasyim, H. 2006. Analisis Hubungan Karakteristik Petani Kopi terhadap Pendapatan (Studi kasus : Desa Dolok Seribu Kecamatan Paguran Kabupaten Tapanuli Utara). Jurnal Komunikasi Penelitian Lembaga Penelitian. Lembaga Penelitian. Universitas Sumatera Utara. Medan
  9. Putri, N. M. D. M., & Jember, I. M. (2017). Pengaruh Modal Sendiri Dan Lokasi Usaha Terrhadap Pendapatan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Di Kabupaten Tabanan (Modal Pinjaman Sebagai Variabel Intervening). Ekonomi Kuantitatif Terapan, [S.L.].
  10. Sanjjaya, A., Hastuti, D., & Awami, S. N. (2017). Faktor Yang Mempengaruhi Konsumen Terrhadap Konsumsii Cabai Rawit. Di Kabupaten Semarang. Ilmu-IlmuPertanian. https://www.publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/Mediagro/article/view
  11. Saptana, N.K, A. (2012). Kinerja Produksi dan Harga Komoditas Cabai Merah. PSEKP, Bogor.
  12. Septiadi, D., Ni Made Wirastika Sarib, & Ahmad Zainuddin. (2020). Analisis Permintaan Konsumsi Cabai Rawit pada Rumah Tangga di Kota Mataram. Agribisnis Lahan Kering. https://doi.org/10.32938/ag.v5i2.1023
  13. Sipahutar, R. (2020). Faktor Yg Mempengaruhi. Permintaan Konsumen Cabai Merah. Skripsi. Medan. Universitas Muhammaddiyah Sumatera Utara Dudi Septiadi, Ni Made Wirastika Sarib, dan Ahmad Zainuuddin. 2020. Analisis Permintaan Konsumsi Cabai Rawit pada Rumah Tanggo di Kota Mataram. Agribisnis Lahan Kering. https://doi.org/10.32938/ag.v5i2.1023
  14. Sumarni B. (2019). Perlaku Karakteristik Konsumen untuk Membeli Sayuran di Pasar Moderen (Giant Supermarket) di Kota Makassar. Agribis, 1 (1):(11–20). https://ejournals.umma. ac.id/index.php/agribis /article/view/317
  15. Priyatno, Duwi. 2010. Pemahaman Analisis Statistik Data Dengan SPSS. Jakarta: PT. Buku seru