Main Article Content
Abstract
Keywords
Article Details
References
- Al-Ghazali, Imam, tt., Ihya al-‘Ulum al-Din, Beirut, Jilid I.
- Al-Qardlawi, Yusuf, 1986, Al-Sunnah: Mashdaran li al-ma’rifah wa al-Hadlarah, Fiqih Peradaban; Sunnah Sebagai Paradigma Ilmu Pengetahuan, Alih Bahasa: Faizah Firdaus, Surabaya: Dunia Ilmu.
- Arief, Armai, 2002, Pengantar dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.
- Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
- -------------------------, 2003, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
- Azwar, Saifudin, 1998, Metode Penelitian, Cet. 1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Barth, J. L., 1990, Method of instruction in social studies education, New York: Univercity Press of America.
- Bimbagais, Dirjen, 2004, Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Dirjen Bimbagais.
- BSNP, 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk MTs., Jakarta: PT. Binatama Raya.
- Cecil. D. Mercer, 1979, Students with learning disabilities, (Columbus : A Bell & Howell Company.
- Daradjat, Zakiah, 1995., Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
- Depag RI, 2004, Desain Pengembangan Madrasah, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam.
- -------------, 2005, Panduan Pembelajaran, Jakarta: Bina Mitra Pemberdayaan Madrasah.
- Depdikbud, 1990, Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
- Depdiknas, 2005, Pendekatan Kontekstual (CTL); Contextual Teaching and Learning, Jakarta: Depdiknas.
- Gulo W., 2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Gramedia.
- Hadi, Sutrisno, 2004. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset.
- Hadjar, Ibnu, 1996, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada.
- ------------------, 2005, Dasar-Dasar Statistik, Semarang; IAIN Walisongo.
- Hamalik, Oemar, 2001, Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Isyanti, 2005, Pembelajaran Kontekstual dan Pengembangan Model Penilaian Alternative dalam mata Pelajaran IPS di SD, Tesis Magister, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
- Johnson, EW., & Laocco,C., 2007, American Literature for alife and Work, Cincinnati, OH: South-Western Educational Publishing.
- Kardi dan Nur. 2000. Pengajaran Langsung. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
- Kunandar, 2007, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
- Majid, Abdul, 2006, Pendidikan Agama Islam Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Mujiono dan Dimyati, 1994, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
- Mulyasa, 2005, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosda Karya.
- Munthe, Barmawy, dkk., 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
- Muslich, Masnur, 2007, KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
- Nasution S, 1990, Pengembangan Kurikulum, Bandung: Citra Aditya Bakti.
- ----------------., 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
- Nawawi H. dan M. Martin Hadari, 1995. Instrumen Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
- Nurdin, Syafruddin, 2005. Model Pembelajaran Yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi, Ciputat: PT. Ciputat Press
- Nurhadi, 2004, Kurikulum 2004, Pertanyaan dan Jawaban, Jakarta: Grassindo.
- Nurhadi, Agus Gerrad Senduk, 2003, Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK, Malang : UMPRESS (Universitas Negeri Malang).
- --------------------------------------------,2005, Pembelajaran Kontekstual, Malang: Universitas Negeri Malang.
- Oxford Advanced Learner’s Dictionary, 2001, London: Oxford University Press.
- Pitajeng, 2006, Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah dengan Pembelajaran Kontekstual dan Penggunaan Open-Ended Problem’s, Jurnal Kependidikan: No. 1 XXXVI tahun 2006.
- Pola induk sistem pengujian hasil kegiatan pembelajaran berbasis kemampuan dasar, 2002, Pedoman Khusus Model 3 Agama Islam, Jakarta: DEPDIKNAS.
- Purwanto, Ngalim, 2001, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
- Sholahuddin, Mahfuz, dkk., 1986, Metodologi Pendidikan Islam, Surabaya: PT. Bina Ilmu.
- Sudijono, Anas, 2000, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
- Sudjana, 1996, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Baru.
- -------------------, 1999, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar,Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Sudjana, 1996, Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Remaja Rosda Karya.
- ---------------, 2001 Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif, Bandung: Falah Production.
- Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif: Dilengkapi dengan Contoh Proposal dan Laporan Penelitian, Bandung: Alfabeta.
- ----------------, 2007, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Cet. IV. Bandung: Alfabeta.
- Sukroini, Ririn, 2005, Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran IPS di SMP N I Sedayu, Tesis Magister, Tidak diterbitkan, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
- Surapranata, Sumarna. 2006. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
- Syah, Muhibbin, 1999, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos wacana Ilmu.
- Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
- Triyato, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif; Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.
- Usman, M. Basyiruddin, 2002, Metodologi Pembelajaran Islam, Jakarta: Ciputat Pers.
- Usman, Moh. Uzer, 2001, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya.
- Witanaputra, Udin, S., 1992, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Depdikbud.
- Zaini, Hisyam, dkk., 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
- Zayati, Ahmad dan Abdul Majid, 2005, Tazkiroh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
References
Al-Ghazali, Imam, tt., Ihya al-‘Ulum al-Din, Beirut, Jilid I.
Al-Qardlawi, Yusuf, 1986, Al-Sunnah: Mashdaran li al-ma’rifah wa al-Hadlarah, Fiqih Peradaban; Sunnah Sebagai Paradigma Ilmu Pengetahuan, Alih Bahasa: Faizah Firdaus, Surabaya: Dunia Ilmu.
Arief, Armai, 2002, Pengantar dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: Ciputat Pers.
Arikunto, Suharsimi, 2002, Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.
-------------------------, 2003, Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Azwar, Saifudin, 1998, Metode Penelitian, Cet. 1, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Barth, J. L., 1990, Method of instruction in social studies education, New York: Univercity Press of America.
Bimbagais, Dirjen, 2004, Standar Kompetensi Madrasah Tsanawiyah, Jakarta: Dirjen Bimbagais.
BSNP, 2007, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan untuk MTs., Jakarta: PT. Binatama Raya.
Cecil. D. Mercer, 1979, Students with learning disabilities, (Columbus : A Bell & Howell Company.
Daradjat, Zakiah, 1995., Metodik Khusus Pengajaran Agama Islam, Jakarta: Bumi Aksara.
Depag RI, 2004, Desain Pengembangan Madrasah, Jakarta: Dirjen Kelembagaan Agama Islam.
-------------, 2005, Panduan Pembelajaran, Jakarta: Bina Mitra Pemberdayaan Madrasah.
Depdikbud, 1990, Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Depdiknas, 2005, Pendekatan Kontekstual (CTL); Contextual Teaching and Learning, Jakarta: Depdiknas.
Gulo W., 2002, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Gramedia.
Hadi, Sutrisno, 2004. Metodologi Research, Yogyakarta: Andi Offset.
Hadjar, Ibnu, 1996, Dasar-dasar Metodologi Penelitian Kualitatif Dalam Pendidikan, Jakarta: Raja Grapindo Persada.
------------------, 2005, Dasar-Dasar Statistik, Semarang; IAIN Walisongo.
Hamalik, Oemar, 2001, Kurikulum dan Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Isyanti, 2005, Pembelajaran Kontekstual dan Pengembangan Model Penilaian Alternative dalam mata Pelajaran IPS di SD, Tesis Magister, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Johnson, EW., & Laocco,C., 2007, American Literature for alife and Work, Cincinnati, OH: South-Western Educational Publishing.
Kardi dan Nur. 2000. Pengajaran Langsung. Universitas Negeri Surabaya, Surabaya.
Kunandar, 2007, Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Majid, Abdul, 2006, Pendidikan Agama Islam Kompetensi: Konsep dan Implementasi Kurikulum 2004, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Mujiono dan Dimyati, 1994, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, 2005, Menjadi Guru Profesional, Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan, Bandung: Rosda Karya.
Munthe, Barmawy, dkk., 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani.
Muslich, Masnur, 2007, KTSP: Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual, Panduan Bagi Guru, Kepala Sekolah, dan Pengawas Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara.
Nasution S, 1990, Pengembangan Kurikulum, Bandung: Citra Aditya Bakti.
----------------., 2003, Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara.
Nawawi H. dan M. Martin Hadari, 1995. Instrumen Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Nurdin, Syafruddin, 2005. Model Pembelajaran Yang Memperhatikan Keragaman Individu Siswa Dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi, Ciputat: PT. Ciputat Press
Nurhadi, 2004, Kurikulum 2004, Pertanyaan dan Jawaban, Jakarta: Grassindo.
Nurhadi, Agus Gerrad Senduk, 2003, Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning/CTL) dan Penerapannya dalam KBK, Malang : UMPRESS (Universitas Negeri Malang).
--------------------------------------------,2005, Pembelajaran Kontekstual, Malang: Universitas Negeri Malang.
Oxford Advanced Learner’s Dictionary, 2001, London: Oxford University Press.
Pitajeng, 2006, Peningkatan Kemampuan Memecahkan Masalah dengan Pembelajaran Kontekstual dan Penggunaan Open-Ended Problem’s, Jurnal Kependidikan: No. 1 XXXVI tahun 2006.
Pola induk sistem pengujian hasil kegiatan pembelajaran berbasis kemampuan dasar, 2002, Pedoman Khusus Model 3 Agama Islam, Jakarta: DEPDIKNAS.
Purwanto, Ngalim, 2001, Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Bandung: PT Remaja Rosda Karya.
Sholahuddin, Mahfuz, dkk., 1986, Metodologi Pendidikan Islam, Surabaya: PT. Bina Ilmu.
Sudijono, Anas, 2000, Pengantar Statistik Pendidikan, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Sudjana, 1996, Pembinaan dan Pengembangan Kurikulum di Sekolah, Bandung: Sinar Baru.
-------------------, 1999, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar,Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudjana, 1996, Cara Belajar Siswa Aktif, Bandung: Remaja Rosda Karya.
---------------, 2001 Metode dan Teknik Pembelajaran Partisipatif, Bandung: Falah Production.
Sugiyono, 2005, Memahami Penelitian Kualitatif: Dilengkapi dengan Contoh Proposal dan Laporan Penelitian, Bandung: Alfabeta.
----------------, 2007, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D, Cet. IV. Bandung: Alfabeta.
Sukroini, Ririn, 2005, Penerapan Pendekatan Kontekstual dalam Pembelajaran IPS di SMP N I Sedayu, Tesis Magister, Tidak diterbitkan, Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Surapranata, Sumarna. 2006. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Syah, Muhibbin, 1999, Psikologi Belajar, Jakarta: Logos wacana Ilmu.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa, 2002, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.
Triyato, 2007, Model-model Pembelajaran Inovatif; Berorientasi Konstruktivistik, Jakarta: Prestasi Pustaka.
Usman, M. Basyiruddin, 2002, Metodologi Pembelajaran Islam, Jakarta: Ciputat Pers.
Usman, Moh. Uzer, 2001, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosda Karya.
Witanaputra, Udin, S., 1992, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta: Depdikbud.
Zaini, Hisyam, dkk., 2008, Strategi Pembelajaran Aktif, Yogyakarta: Pustaka Insan Madani
Zayati, Ahmad dan Abdul Majid, 2005, Tazkiroh Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.