ANALISIS PENGARUH KESADARAN MEREK, ASOSIASI MEREK, PERSEPSI KUALITAS, DAN LOYALITAS MEREK TERHADAP EKUITAS MEREK LAPTOP (Studi Kasus Mahasiswa Universitas Diponegoro Semarang)

Authors

  • Darminto Pujotomo Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik,Universitas Diponegoro Jl. Prof. H. Soedarto, SH. Semarang 50239 Telp. (024) 7460052
  • Riski Kurnia Putri Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik,Universitas Diponegoro Jl. Prof. H. Soedarto, SH. Semarang 50239 Telp. (024) 7460052

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1146

Abstract

Industri laptop saat ini mengalami persaingan yang sangat ketat. Bukan hanya satu produsen laptop yang mendominasi pasar. Masing-masing produsen tidak hanya menampilkan keunggulan fungsionalnya tetapi juga keunggulan merek. Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh kesadaran merek, asosiasi merek, persepsi kualitas dan loyalitas merek terhadap ekuitas merek laptop, serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai pengaruh paling besar terhadap ekuitas merek laptop. Data yang telah terkumpul dari 196 responden dengan menggunakan kuesioner. Responden tersebut merupakan mahasiswa Univesitas Diponegoro. Data diolah dengan metode Structural Equation Modeling (SEM) dengan bantuan aplikasi komputer LISREL (Linear Structural Relationship) versi 8.7. Dilakukan analisis konfirmatori faktor untuk mengetahui pengaruh variabel laten terhadap indikatornya dan untuk mengetahui pengaruh varibel eksogen terhadap variabel endogen. Hasil analisis dengan SEM menyatakan struktural model sesuai dengan model yang diamati. Variabel kesadaran merek dan loyalitas merek mempunyai pengaruh positif yang signifikan terhadap ekuitas merek. Sedangkan variabel asosiasi merek dan persepsi kualitas tidak berpengaruh postif signifikan secara langsung terhadap ekuitas merek. Asosiasi merek dan persepsi kualitas mempengaruhi ekuitas merek secara tidak langsung melalui kesadaran merek dan loyalitas merek. Variabel yang sangat berpengaruh terhadap ekuitas merek adalah kesadaran merek.

Kata kunci : laptop, ekuitas merek, SEM, LISREL

Downloads