PENGEMBANGAN APLIKASI MOBILE UNTUK NAVIGASI DI PUSAT PERBELANJAAN

Authors

  • Rida Indah Fariani Jurusan Manajemen Informatika, Politeknik Manufaktur Astra Jl. Gaya Motor Raya No. 8 Sunter II Jakarta Utara 14330
  • Radix Rascalia Jurusan Manajemen Informatika, Politeknik Manufaktur Astra Jl. Gaya Motor Raya No. 8 Sunter II Jakarta Utara 14330
  • Baghas Libra Sakti Jurusan Manajemen Informatika, Politeknik Manufaktur Astra Jl. Gaya Motor Raya No. 8 Sunter II Jakarta Utara 14330
  • Dwi Muktianto Jurusan Manajemen Informatika, Politeknik Manufaktur Astra Jl. Gaya Motor Raya No. 8 Sunter II Jakarta Utara 14330
  • Sofiantoro Sofiantoro Jurusan Manajemen Informatika, Politeknik Manufaktur Astra Jl. Gaya Motor Raya No. 8 Sunter II Jakarta Utara 14330
  • Daya Rajifah Jurusan Manajemen Informatika, Politeknik Manufaktur Astra Jl. Gaya Motor Raya No. 8 Sunter II Jakarta Utara 14330

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1185

Abstract

Perkembangan industri yang pesat khususnya di Jakarta mendorong tumbuhnya pusat perbelanjaan atau mall-mall yang memiliki banyak toko dan kios didalamnya.Seringkali hal tersebut membuat pengunjung kebingungan karena ada begitu banyak toko dan kios dan mereka harus mencari lokasinya.Dari kondisi tersebut maka dibuatlah suatu improvement berupa pemanfaatan teknologi informasi yang diharapkan dapat meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengunjung dalam berbelanja. Teknologi informasi yang akan dibuat berupa aplikasi mobile bernama STORE’D yang berfungsi sebagai alat navigasi pengunjung dalam berbelanja secara cepat, praktis dan nyaman. STORE’D dikembangkan dengan menggunakan teknologi mobile menggunakan bahasa Java dan dapat digunakan pada perangkat mobile dengan sistem operasi Android. Pengaturan lokasi pada STORE’D menggunakan basisdata peta lantai dari sebuah bangunan dalam bentuk image dan koordinatnya. Pengunjung memasukkan koordinat tempatnya berada dan lokasi yang dituju, kemudian STORE’D akan menampilkan rute ke lokasi tersebut. STORE’D dapat dimodifikasi sesuai dengan kondisi pusat perbelanjaan. Untuk mengetahui tingkat peminatan dan menguji fungsionalitas aplikasi dilakukan studi kasus di Koja Trade Mall (KTM) di Jakarta Utara. Dalam studi kasus ini dilakukan modifikasi aplikasi STORE’D sesuai kondisi KTM. Hasil penelitian menunjukan minat yang cukup  tinggi terhadap aplikasi baik bagi pemilik toko dengan indeks 3.8 dari skala 5 maupun bagi pengunjung dengan indeks 4.4 dari skala 5. Persepsi terhadap aplikasi STORE’D juga cukup positif yaitu 3.75 dari skala 5 untuk pemilik toko dan 4.03 dari skala 5 untuk pengunjung mall. Dari studi kasus tersebut disimpulkan bahwa STORE’D dapat dimanfaatkan sebagai media untuk  kemudahan pencarian informasi dan dapat digunakan oleh pengunjung maupun pemilik toko di pusat perbelanjaan.

Kata kunci: android, aplikasi mobile, mobile