ANALISIS ASPEK KOGNITIF PESERTA PRAKTIKUM PERANCANGAN TEKNIK INDUSTRI PADA PEMBELAJARAN MODUL 2 PERANCANGAN SISTEM KERJA

Authors

  • Novie Susanto Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
  • Oyi Aura Z Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
  • Hanggar Pratama Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
  • Farandy A Farandy A Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro
  • Winona Z Winona Z Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik, Universitas Diponegoro

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1492

Abstract

Mahasiswa Teknik Industri selain mendapatkan teori di dalam kelas juga melaksanakan kegiatan praktikum dengan tujuan untuk meningkatkan pemahaman teknis dan praktik pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketrampilan berpikir (aspek kognitif) pada mahasiswa pada saat melakukan praktikum. Melalui penelitian ini juga dapat diketahui tingkat keefektifan dan keefisienan prosedur praktikum dalam meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap suatu topik. Metode penelitian yang digunakan ialah kuantitatif deskriptif dengan pembagian kategori aspek kognitif Taksonomi Bloom. Terdapat 6 jenis aspek kognitif, dimana 3 kategori aspek kognitif yang diteliti yaitu domain mengingat (C1), memahami (C2) dan mengaplikasikan (C3). Penelitian ini melingkupi kegiatan proses praktikum, menghitung pencapaian aspek kognitif berdasarkan nilai pre-test dan post-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan pencapaian aspek kognitif untuk domain mengingat (C1) sebesar 33% dengan kategori sedang. Peningkatan pencapaian aspek kognitif domain memahami (C2) juga terjadi sebesar 60% dengan kategori pencapaian sedang. Peningkatan pencapaian aspek kognitif domain mengaplikasi (C3) sebesar 50% dengan kategori pencapaian sedang. Nilai rata-rata pencapaian penguasaan aspek kognitif praktikan secara keseluruhan sebelum mengikuti praktikum adalah 60% dengan kategori pencapaian cukup, sedangkan pencapaian penguasaan aspek kognitif praktikan setelah pembelajaran adalah 89% dengan kategori pencapaian baik serta peningkatan penguasaan aspek kognitif secara keseluruhan pada seluruh aspek kognitif termasuk kategori sedang yaitu 41 %.

 

Kata kunci: Aspek kognitif, Taksonomi Bloom, Pre-test, Post-test, praktikum

Downloads

Published

2016-09-03