ANALISIS SENTIMEN JASA EKSPEDISI BARANG MENGGUNAKAN METODE NAÏVE BAYES

Authors

  • Raflialdy Raksanagara
  • Yulison Herry Chrisnanto
  • Asep Id Hadiana

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1502

Abstract

Analisis sentimen pada twitter dalam jasa ekspedisi barang merupakan proses mengekstraksi pendapat, sentimen, evaluasi, dan emosi orang tentang pelayanan pengiriman barang yang tertulis. Permasalahan yang terjadi dalam penelitian ini terdapat kesulitan untuk menentukan opini yang bersifat positif, negatif ataupun netral, serta hasil analisis sentimen disalurkan ke setiap pelayanan yang tersedia. Terdapat penelitian terdahulu mengenai analisis sentimen pada facebook dan twitter menggunakan metode naïve bayes yang menggunakan data sebanyak 6000 data yang terdiri dari 2000 kalimat netral, 2000 kalimat positif dan 2000 kalimat negatif dengan menghasilkan akurasi hingga 85,44%. Sedangkan penelitian yang akan dilakukan yaitu membuat sistem yang mampu mengklasifikasikan sentimen pada twitter kedalam sentimen positif, netral atau negatif serta menyalurkan opini tersebut ke setiap bagian pelayanan yang bersangkutan dengan opini yang muncul. Hasil yang didapatkan dari akurasi naïve bayes pada data uji negative memperoleh ketepatan 76% sedangkan untuk data uji positif memperoleh 83%.

Kata kunci: Analisis Sentimen, Twitter, Opini, Naïve Bayes

Downloads

Published

2016-09-03