REKOMENDASI PENANGANAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS PADA SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI CITEUREUP MENGGUNAKAN CASE BASED REASONING DAN NEAREST NEIGHBORS
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1532Abstract
Anak berkebutuhan khusus merupakan anak yang secara signifikan mengalami kelainan (fisik, mental-intelektual, sosial dan emosional). Salah satu lembaga atau pendidikan yang menampung anak berkebutuhan khusus dengan berbagai karakteristik khusus yaitu Sekolah luar biasa negeri citeureup cimahi. Kondisi kemunculan karakteristik dan gejala pada anak berkebutuhan khusus perlu perhatian yang lebih dari tim asesmen saat menentukan diagnosis dan rekomendasi penanganan. namun karena Kombinasi dari irisan gejala yang bervariasi menyebabkan peluang terjadinya kesalahan penanganan dan berakibat pada resiko kesalahan penanganan pada anak tersebut. maka perlu memperhatikan kasus-kasus serupa yang pernah ada. Penelaahan kasus yang mirip akan memberikan gambaran kemungkinan diagnosis anak serta rekomendasi penanganannya. Salah. Penelitian ini membangun sebuah sistem rekomendasi penanganan anak berkebutuhan khususyang memiliki 14 atribut seperti usia, aktivitas self help,motorik halus, motorik kasar dan lainnya. salah satu metode yang bekerja dengan cara serupa yaitu Case-Based Reasoning (CBR) melalui 4 tahapan yaitu retrieve yang dihitung dengan menggunakan algoritma Nearest Neighbors kemudian dilanjut dengan tahapan reuse, revise dan retainserta menghasilkan keluaran berupa kelompok belajar, pelatihan dan saran. hasil keakuratan sistem yang diperoleh pada pengujian data latih penelitian ini yaitu sebesar 100%.
Kata kunci: : Anak berkebutuhan khusus, Case Base Reasoning, Nearest Neighbors, rekomendasi penanganan