PENGEMBANGAN BISNIS MODEL UNTUK MENINGKATKAN DAYA SAING INDUSTRI BATIK SUMENEP MADURA
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1856Abstract
Industri kreatif merupakan salah satu pendukung perekonomian di Indonesia. Industri batik Sumenep Madura memiliki estetika dan budaya yang tinggi. Adanya perkembangan teknologi dan informasi mengharuskan industri untuk melakukan pengembangan bisnis dan strategi baru agar di terima oleh konsumen. Tujuan penelitian ini untuk pengembangan bisnis model serta perumusan strategi yang tepat untuk meningkatkan daya saing industri batik Sumenep Madura. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara dan kuesioner. Metode penelitian adalah analisa deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa pengembangan usaha dengan bisnis model kanvas adalah memperluas segmentasi pasar untuk meningkatkan penjualan dengan channel penjualan melalui sistem online dan peningkatan sistem permodalan. Sedangkan hasil analisis SWOT menunjukan bahwa nilai IFAS 2,17 dan EFAS 1,81 maka industri batik Sumenep berada di kuadran 8 yaitu pertumbuhan dengan Diversifikasi Konglomerat, strategi yang digunakan yaitu 1) memperluas jaringan pemasaran di luar daerah, 2) perbaikan sistem permodalan dengan memanfaatkan bantuan finansial dari pemerintah untuk meningkatkan hasil produksi.
Kata Kunci: Â Industri kreatif, Batik Sumenep, Bisnis Model, Analisis SWOT.