PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI BALAI KESEHATAN LANAL BANDUNG
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1876Abstract
Berdasarkan Peraturan Pemerintahan No.25 tahun 1980 dan Permenkes No.922/ MenKes/ X/1993, Apotek adalah suatu tempat tertentu dimana dilakukan pekerjaan kefarmasian dan penyaluran obat kepada masyarakat. Apotek ini sangat berperan penting bagi kesehatan masyarakat umum, sehingga dalam pelayanan kepada masyarakat harus bisa semaksimal mungkin. Pangkalan TNI AL Bandung atau disingkat Lanal Bandung memiliki salah satu tugas pokok antara lain melaksanakan perawatan personil baik pembinaan mental, jasmani, juga memberikan layanan kesehatan bagi prajurit beserta keluarganya maka Lanal Bandung dilengkapi dengan balai kesehatan. Pada proses bisnis yang terdapat di balai tersebut masih dilakukan secara manual, sehingga pegawai bekerja berkali –kali dalam pembuatan laporan dan pencatatan. Pada bagian farmasi sudah dilengkapi oleh sistem yang dapat membantu pegawai farmasi mengelola obat tetapi sistem ini tidak terintegrasi. Sehingga dibutuhkan sebuah sistem yang dapat membantu pegawai dari mulai pendaftaran,poli, pemberian obat sampai pelaporan. Pengembangan  sistem informasi balai kesehatan Lanal Bandung ini dilakukan dengan pendekatan metodologi pengembangan Waterfall yang memiliki lima fase yaitu identifikasi kebutuhan, perancangan, implementasi, testing, maintenance. Hasil penelitian di Balai Kesehatan Lanal Bandung yaitu sistem informasi di terintegrasi pada tiap tiap bagian mulai dari pendaftaran pasien, pemeriksaan pasien, sampai pemberian obat. pegawai dapat bekerja secara efektif terutama dalam pelaporan, sehingga tidak perlunya pegawai bekerja berkali-kali.
Kata Kunci : Pangkalan Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut, Balai Kesehatan Lanal Bandung, Sistem Infomasi, Waterfall
Â