AUGMENTED REALITY MEDIA PENDUKUNG PENGENALAN KAMPUS UNIVERSITAS WAHID HASYIM SEMARANG
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.1892Abstract
Untuk mempromosikan kampus, Universitas Wahid Hasyim Semarang menggunakan berbagai media pendukung, salah satunya adalah brosur. Media promosi seperti itu sepertinya kurang menarik dan terkesan biasa. Pada penelitian ini dilakukan perancangan dan pembuatan aplikasi media pendukung pengenalan kampus Universitas Wahid Hasyim Semarang dengan memanfaatkan teknologi Augmented Reality. Aplikasi ini dibangun dengan menggunakan Unity3D dan Vuforia. Pada menu utama aplikasi ini terdapat tombol profil dan AR Kamera, tombol profil berfungsi untuk melihat halaman yang menampilkan informasi singkat tentang kampus unwahas, sedangkan pada tombol AR Kampus berfungsi untuk masuk ke halaman deteksi marker, jika pengguna mengarahkan kamera perangkat keatas marker maka pengguna dapat melihat gedung-gedung yang ada dikampus satu Unwahas secara virtual dalam bentuk 3D. Pada penelitian ini pendeteksian marker menggunakan metode algoritma FAST Corner Detection untuk mempercepat waktu komputasi secara real-time dengan konsekuensi menurunkan tingkat akurasi pendeteksian sudut pada marker.  Namun intensitas cahaya, oklusi, dan akurasi berpengaruh dalam proses pendeteksian marker. Pada penelitian ini telah berhasil dibuat aplikasi augmented reality media pendukung pengenalan kampus unwahas dan diterapkan pada mobile device android. aplikasi ini hanya dapat dijalankan pada smartphone berbasis android, dengan versi minimum 4.0 (Ice Cream Sandwich).
Kata Kunci : Augmented Reality, Marker, Vuforia