PERANCANGAN SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT E-CRM UNTUK MENDUKUNG INDUSTRI MANUFAKTUR DI PT. GARUDA MAS SEMESTA

Authors

  • Rifaldi Elpry Rizal Jurusan Informatika, Fakultas Sains dan Informatika, Universitas Jenderal Achmad Yani Jl. Terusan Jenderal Sudirman, Cimahi, Jawa Barat 40285.
  • Winta Witanti
  • Asep Id Hadiana

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2381

Abstract

Perusahaan yang bergerak pada bidang tekstil yaitu PT. Garuda Mas Semesta atau sering disebut (Gamatex) ingin menjadikan perusahaan terkait yang dapat bersaing dalam menjalankan ushanya PT. Garuda Mas Semesta menjual produk kain denim ke sejumlah sentra perdagangan kain dikota-kota besar di Indonesia dan bahkan luar negeri. Denga kondisi yang terjadi saat ini yaitu kurangnya tempat atay sarana untuk mewadahi pengguna dalam keluhan atas produk atau informasi baik berupa promosi ataupun saran terhadap perusahaan terkait. Berdasarkan permasalah yang ada, tujuan dari penelitian ini merancang Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Penelitian ini menggunakan metode Waterfall untuk dapat merancang Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM). Hasil penelitian ini adalah merancang Sistem Electronic Customer Relationship Management (E-CRM) berbasis web dengan berisi informasi bagaimana mengimplementasikan konsep analytical and collaborattive CRM dalam sebuah situs perusahaan PT. Garuda Mas Semesta, saran, menangani keluhan pelanggan pada organisasi tersebut, pembuatan laporan secara sistem, dan mengolah keluhan pelanggan sehingga dapat mengetahui dan menjadikan evaluasi bagi perusahaan untuk meningkatkan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan. 

Kata kunci : customer relationship managaement, E-CRM, website, PT. Garuda Mas Semesta

Published

2018-08-29