PENGKLASIFIKASIAN PELANGGAN DENGAN METODE KNN (STUDI KASUS: DALUNG RENT TOYS BALI)

Authors

  • Rosalia Hadi
  • Desi Saryanti
  • Pivin Suwirmayanti

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2853

Abstract

Ketatnya persaingan dalam industri jasa, khususnya jasa penyewaan mainan di Bali membuat pemiilk usaha harus terus berinovasi dalam strategi pemasarannya. Salah satu strategi pemasaran yang diambil oleh Dalung Rent Toys Bali adalah melalui pemberian reward kepada pelanggan berdasarkan kategori. Kategori yang dimaksud adalah berupa kelas pelanggan bronze, silver dan gold. Pelanggan akan mendapatkan reward berdasarkan kategorinya. Namun, perusahaan ini mengalami permasalahan dalam penentuan kategori pelanggannya Jumlah kriteria yang cukup banyak membuat pemilik usaha mengalami kesulitan dalam menentukan keputusannya. Sehingga dibutuhkan suatu metode untuk menyelesaikan permasalahan terkait pengambilan keputusan tersebut. Adapun model pengambilan keputusan yang digunakan pada penelitian ini adalah KNN. KNN (K-Nearest Neighbor) merupakan metode supervised learning yang digunakan untuk mengklasifikasikan pelanggan berdasarkan pada kategori mayoritas tetangga terdekat ke-k. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pengklasifikasian pelanggan dengan metode KNN yang mengambil studi kasus pada Dalung Rent Toys Bali dapat membantu perusahaan, khususnya dalam menentukan kategori pelanggan berdasarkan beberapa kriteria yang ada.

Kata kunci : klasifikasi, KNN, pelanggan.

 

Downloads

Published

2019-08-25