PEMBANGUNAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA RUMAH BELAJAR SIMPLY FAST KOTA BARU PARAHYANGAN

Authors

  • Rachadian Novansyah
  • Tacbir Hendro Pudjiantoro
  • Fajri Rakhmat Umbara

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2854

Abstract

Rumah Belajar Simply Fast merupakan sebuah lembaga layanan bimbingan belajar yang berlokasi di Kota Baru Parahyangan Padalarang. Lembaga bimbingan belajar pada saat ini sudah menjadi sasaran bisnis yang meyakinkan, terlebih dengan minimnya resiko yang dapat timbul karena pada saat ini kebutuhan sarana belajar mengajar memang sangat diminati oleh masyarakat. Rumah Belajar Simply Fast ini memiliki target pelanggan masyarakat yang sedang menempuh pendidikan tingkat SD, SMP dan SMA/SMK sederajat. Dalam pengembangan bisnisnya, pelanggan kesulitan dalam mendapatkan informasi akademik terkait perkembangan anaknya selama mengikuti bimbingan belajar dan seringkali pihak bimbingan belajar tidak dapat menangani setiap kebutuhan pelanggan tersebut secara intens akibat terbatasnya aliran informasi yang terjadi. Hal tersebut akan berdampak pada kurang harmonisnya hubungan yang terjadi antara pelanggan dengan pihak bimbingan belajar. Di sisi lain, seiring berjamurnya kompetitor sejenis, mengharuskan owner memasang strategi bisnis yang difokuskan pada pelayanan pelanggan serta memperhatikan kepuasan pelanggan. Kehadiran CRM atau Customer Relationship Management merupakan salah satu strategi bisnis yang tepat dalam menangani permasalahan yang sedang terjadi. Dengan adanya pembangunan CRM ini diharapkan dapat mengatasi permasalahan yang terjadi sehingga akan terjalinnya keharmonisan pelanggan dengan pihak bimbingan belajar yang mengacu pada terciptanya kepuasan serta loyalitas pelanggan terhadap penggunaan jasa bimbingan belajar.

Kata kunci : Customer Relationship Management, Bimbingan Belajar.

 

Downloads

Published

2019-08-25