PEMBANGUNAN CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT (CRM) PADA CV. BERKAH LOGAM KOTA TEGAL

Authors

  • Muhamad Ali Murtadlo
  • Tacbir Hendro Pudjiantoro
  • Irma Santika Rama

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2858

Abstract

CRM (Customer Relationship Management) merupakan strategi bisnis dengan menggunakan teknologi informasi, menyediakan suatu usaha menyeluruh pada customer yang terintegrasi, untuk mempertahankan serta memperluas manfaat hubungan. CV. Berkah logam merupakan perusahaan yang bergerak dibidang pendistribusian alat bangunan, alat teknik dan alat kelistrikan. Perusahaan mengalami penurunan penjualan selama beberapa tahun terakhir. Hal ini diketahui terdapat beberapa customer yang tidak melakukan pembelian kembali di CV. Berkah Logam. Saat ini CV. Berkah Logam masih belum memikirkan hubungan dengan customernya dilihat dari tidak memiliki segmentasi pasar, dan belum memperhatikan customer experience. Peningkatan penjualan di CV. Berkah Logam dapat tercapai dengan cara membangun hubungan baik dengan customer sehingga customer menjadi loyal dengan CV. Berkah Logam. dengan menggunakan konsep CRM (Customer Relationship Management) penelitian ini diharapkan dapat membantu untuk menyelesaikan permasalahan tersebut dengan membangun CRM (Customer Relationship Management) pada CV Berkah logam Kota Tegal.

Kata kunci : Customer Relationship Management, CV. Berkah Logam.

 

Downloads

Published

2019-08-25