PEMANFAATAN WEBSITE SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN DAYA SAING UMKM
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.2870Abstract
Yogyakarta memiliki jumlah kelas menengah sekitar 720 ribu jiwa atau 20% dibandingkan dengan jumlah penduduk Yogyakarta. Selain itu pertumbuhan penduduk di kota besar yang semakin padat juga mendorong tindak kriminal. CCTV banyak digunakan oleh masyarakat kelas menengah sebagai sarana untuk meningkatkan pengamanan lingkungan. Sehingga pertumbuhan kelas menengah di yogyakarta mendorong peningkatan kebutuhan akan CCTV karna dianggap dapat meningkatkan keamanan lingkungan tempat tinggal. Disisi lain kelas menengah ini juga merupakan kelompok masyarakat yang paling banyak menggunakan internet sebai sumber informasi. Guna meningkatkan penetrasi UMKM terhadap pasar maka perlu adanya pemahaman teknologi informasi seperti website. Diera digital sekarang ini UMKM dituntut untuk dapat mengikuti perkembangan salah satunya dengan menciptakan promosi melalui media digital dan website merupakan salah satu media digital yang dapat digunakan sebagai sarana promosi. Kegiatan ini ditujukan untuk dapat mendampingi UMKM dan menjadi penghubung antara kebutuhan mitra dalam hal ini UMKM yang bergerak dibidang CCTV dan kebutuhan masyarakat melalui pembangunan dan pelatihan pembuatan website bagi UMKM. Sehingga UMKM mitra dapat melakukan penetrasi promosi yang tepat sasaran.
Kata kunci : UMKM, Website, promosi.
Â