ANALISA PERFORMA MESIN DIESEL DENGAN SISTEM VENTURI SCRUBBER – EGR MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR CAMPURAN SOLAR – MINYAK JARAK
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.30Abstract
Mesin diesel telah dikenal sebagai jenis motor bakar yang mempunyai efisiensi tinggi. Salah satu keunggulan mesin diesel adalah sistem pembakarannya menggunakan compression-ignition sehingga memungkinkan tercapainya tekanan awal yang tinggi sebelum terjadi proses pembakaran. Hal ini menjadikan mesin diesel mempunyai fleksibilitas jenis bahan bakar yang bisa digunakan. Salah satunya adalah minyak nabati (biofuel). Jatropha telah dikenal sebagai bahan bakar alternatif terbarukan yang menarik yang dihasilkan dari minyak nabati. Oleh karena itu penggunaan Jatropha adalah pilihan yang tepat sebagai alternatif bahan bakar untuk mesin diesel dalam menghadapi krisis minyak bumi di dunia. EGR (Exhaust Gas Recirculaing) pada mesin disel digunakan untuk meningkatkan efisiensi bahan bakar dan menurunkan konsumsi bahan bakar. Cold EGR adalah suatu metode yang digunakan untuk mensirkulasikan gas buang kembali ke intake manifold. Pada penelitian ini, gas buang yang disirkulasikan didinginkan terlebih dahulu dengan menggunakan venturi scrubber. Dalam hal ini, gas buang sebelum masuk kembali ke ruang bakar temperaturnya diturunkan menjadi 60oC, 50oC, 40oC, dan 37oC. Pengujian ini dilakukan dengan beberapa variasi, yaitu variasi beban, rpm, % EGR, temperatur EGR, dan variasi campuran jatropha - solar. Dari hasil penelitian ini diperoleh bahwa peningkatan dan penurunan nilai Daya, BMEP, dan Ï• tidak terlihat signifikan dengan adanya Cold EGR. Yang mempengaruhi nilai tersebut adalah peningkatan beban dan rpm. Penggunaan Cold EGR dengan variasi campuran bahan bakar menyebabkan nilai á¹Æ’ semakin turun, ηf meningkat dan ηv turun dibandingkan tanpa menggunakan cold EGR. Kata kunci: mesin diesel, Venturi Scrubber - EGR, campuran solar – minyak jarakDownloads
Published
2012-07-03
Issue
Section
Articles