Implementasi Enterprise Resource Planning Modul Sales Dengan Menggunakan Odoo Pada PT XXX
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.5017Keywords:
ERP, Modul Penjualan, Odoo, PenjualanAbstract
Pengoptimalan adaptasi teknologi perlu dilakukan untuk mengembangkan suatu industri, salah satunya PT XXX yang bergerak di bidang produksi terutama barang konsumsi. Dimasa pandemi PT XXX dipaksa untuk mengubah bisnisnya dan beralih dari pendekatan tatap muka tradisional menjadi permintaan dan keluhan pelanggan melalui platform digital. Upaya yang diperlukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan transformasi digital, yaitu mengefisienkan praktik bisnis yang didorong oleh data, diaktifkan secara digital, dan dapat menjangkau lebih banyak pelaku bisnis secara virtual. Salah satu bentuk implementasi pendekatan dalam pengembangan sistem yang terintegrasi yakni dengan penerapan Enterprise Resource Planning (ERP) terutama pada modul sales diaplikasi Odoo. Modul sales memungkinkan suatu perusahaan untuk mengelola dan mengklasifikasikan pesanan penjualan pada sistem struktural dan hirarkis. Tujuan penelitian ini adalah menerapkan sistem ERP, Odoo ke dalam proses bisnis PT. XXX khususnya pada kegiatan penjualan atau modul Sales. Hasil penelitian ini yaitu proses bisnis penjualan pada PT XXX dapat terdokumentasi dengan baik dan sistem informasi terintegrasi antar bagian sehingga data yang diperoleh merupakan data real-time.Downloads
Published
2021-11-25
Issue
Section
Articles