Optimalisasi Distribusi Karyawan Untuk Meningkatkan Penjualan Paket Data Internet Menggunakan Metode Simplex
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.5076Keywords:
Simplex, Optimalisasi, Solver ExcelAbstract
Paper ini bertujuan untuk menentukan optimasi penjualan paket data internet dengan batasan jumlah marketing yang dimiliki perusahaan dan targetnya adalah meningkatkan keuntungan perusahaan. Analisis yang digunakan adalah linier programing dengan metode Simplex, keuntungan metode ini mampu menghitung dua atau lebih variabel keputusan yang hasilnya lebih baik daripada metode grafik. Varibel yang digunakan pada penelitian ini ada tiga, yaitu marketing senior (X1), marketing junior (X2), dan marketing magang (X3) dengan batasan kartu paket data yang harus dijual oleh ketiga marketing adalah 3000. Hasil simulasi optimasi menggunakan metode simplek diperoleh distribusi maksimum bahwa marketing senior target menjual 1200/paket, marketing junior target mampu menjual 1200/paket, dan marketing magang target mampu menjual 600/paket. Jumlah insentif marketing senior mendapatkan insentif Rp. 600.000/bulan, insentif marketing junior Rp. 375.000/bulan dan insentif arketing magang Rp. 150.000/bulan dengan total insentif yang harus dikeluarkan perusahaan adalah Rp. 9.600.000,-/bulan, dan perusahaan mampu menjual 3000 paket data/bulan, dengan capaian tersebut perusahaan akan mendapatkan keuntungan Rp. 30.000.000,-/bulan. Penelitian ini memberikan kontribusi bagi perusahaan untuk menentukan target marketing dan mengatur strategi promosinya sehingga perusahaan memperoleh keuntungan yang optimal.Downloads
Published
2021-11-25
Issue
Section
Articles