PERANCANGAN MEKANISME PENGONTROL CONTROLLABLE PITCH PROPELLER
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.60Abstract
Propeller adalah salah satu bagian mesin yang berfungsi sebagai alat penggerak mekanik,misalnya pada pesawat terbang, kapal laut, hovercraft dan lain-lain. Propeller dibedakan
menjadi dua jenis yaitu Fixed Pitch Propeller (FPP) dan Controllable Pitch Propeller
(CPP). Propeller jenis CPP dirancang agar besar sudut pitch dari propeller dapat diatur
walaupun propeller dalam keadaan berputar. Tujuan penelitian ini merancang mekanisme
pengontrol CPP yaitu mesin yang digunakan untuk mengatur serempak yang sama besar
sudut pitch dari 3 propeller blade agar menghasilkan gaya dorong (thrust) yang bervariasi
ketika propeller blade dalam keadaan berputar konstan yang diputarkan oleh motor
penggerak listrik arus bolak-balik melalui transmisi sabuk dan puli. Propeller blade yang
digunakan pada mekanisme ini adalah tipe airfoil ukuran medium seri TR11W untuk
penggerak hovercraft. Rentang pengaturan sudut pitch antara ï€45ï‚°Â s.d. 45ï‚°. Berbagai
perancangan mekanisme pengontrol CPP menggunakan gabungan sistem mekanik dengan
komponen utama pasangan pin-slot eksentrik dan hidrolik, gabungan sistem mekanik dengan
komponen utama pasangan roda gigi dan hidrolik serta sistem mekanik saja dengan
penggerak manual. Pada perancangan ini menggunakan sistem mekanik dengan komponen
utama pasangan pin engkol silindris dan piringan beralur (crank pin in slot disc) dengan
penggerak manual. Â
Kata kunci: perancangan, mekanisme pengontrol CPP, pena engkol, piringan beralur,
manual
Downloads
Published
2012-07-14
Issue
Section
Articles