PENERAPAN KNOWLEDGE MANAGEMENT PADA PERGURUAN TINGGI (STUDI KASUS AMIK BSI PURWOKERTO)
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.695Abstract
AMIK BSI Purwokerto merupakan salah satu Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Purwokerto yang terus berkemban, sebagai PTS AMIK BSI Purwokerto diwajibkan melaporkan hasil kegiatan belajar mengajar setiap akhir semester ke Kopertis wilayah VI semarang dalam bentuk laporanEvaluasi Program Studi Berbasis Evaluasi Diri (EPSBED). Proses penyusunan laporan EPSBED merupakan kegiatan yang melibatkan antarkaryawan atau bagian terkait.Penelitian ini membahas tentang penerapanKnowledge Management (KM) untuk proses laporan EPSBED pada AMIK BSI Purwokerto. Tujuan penerapan KMini adalah sarana menampung dan menyebarkan knowledge karyawan, karena dalam penyusunan EPSBED dibutuhkan suatu knowledge guna menjaga konsistensi kualitas laporansebagai evaluasi PTS dalam rangka pengendalian mutu pendidikan secara nasional, sebagai bentuk akuntabilitas penyelenggaraan pendidikan perguruan tinggi kepada pihak yang berkepentingan yaitu civitas akademika dan masyarakat umum.Penelitian ini menggunakan kerangka kerja Amrit Tiwana, untuk memperoleh analisis proses KM dalam EPSBED digunakan faktor kontigensi dengan mengadakan Focus Group Discussion (FGD).Hasil dari penelitian adalah model KM yang sesuai untukproses pelaporan EPSBEDuntuk mendukung penyebaran knowledge serta budaya kerjasama antar bagian yang terkait dalam proses pelaporan. Dalam KM menggabungkan tacit knowledge dan explicit knowledge antar karyawan , sehingga dapat dimanfaatkan untuk peningkatan kinerja PTS dalam pelaporan EPSBED.Kata kunci: EPSBED, Focus Group Discussion, Knowledge, Knowledge Management
Downloads
Issue
Section
Articles