Augmented Reality sebagai Media Edukasi Pengenalan Hewan Berdasarkan Jenis Makanannya
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v12i1.6993Keywords:
Augmented Reality, Unity, VuforiaAbstract
Seiring berkembangnya waktu teknologi informasi berkembang sangat cepat. Perkembangan teknologi juga mempengaruhi bidang pendidikan. Teknologi dapat menciptakan suatu aplikasi pembelajaran yang dapat digunakan untuk menyampaikan isi materi yang melibatkan perangkat bergerak seperti ponsel, laptop dan tablet. Tampilan animasi pada dunia pendidikan membantu pengajar dalam penyampaian materi sebuah program tutorial dengan menggunakan suatu aplikasi android. Ilmu pengetahuan alam (IPA) merupakan mata pelajaran yang ditujukan agar siswa mempunyai wawasan tentang alam sekitar. Salah satu materi pelajaran IPA yang diberikan disekolah membahas mengenai pengelompokan hewan berdasarkan jenis makanan. Pada materi pelajaran tersebut siswa diharapkan agar dapat mengetahui perbedaan antara hewan herbivora, karnivora, dan omnivora. Pengembangan aplikasi dimulai dari tahap konsep, perancangan, pengumpulan bahan, percobaan, pembuatan, hingga tahap distribusi. Dalam aplikasi ini penulis menggunakan aplikasi unity untuk membangun sistem dan SDK vuforia.