Optimalisasi Sistem Pengangkutan Sampah di Kota Semarang dengan Metode Sequential Insertion
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v12i1.7106Keywords:
algoritma sequential insertion, pengangkutan, sampah, vehicle routing problemAbstract
Peningkatan volume sampah membuat penanganan sampah untuk pengangkutan dan pengumpulan sampah semakin berat. Keterbatasanan sarana dan prasarana terutama truk sebagai alat transportasi untuk mengangkut sampah menyebabkan adanya tumpukan sampah semakin banyak. Salah satu tugas BLH Kota Semarang adalah menjaga kebersihan dengan mengangkut sampah-sampah yang terkumpul di titik tempat pembuangan sementaramenuju tempat pembuanan akhir.  Saat ini pengangkutan sampah di UPT Wilayah V dilakukan dengan menggunakan truk amroll dengan kapasitas 6 m3 dan truk dump dengan kapasitas 8m3.  Penelitian ini bertujuan menentukan rute dan kombinasi truck yang seharusnya digunakan. Penentuan rute ini diharapkan dapat meminimalkan jarak, waktu tempuh dan biaya transportasi serta memaksimalkan kapasitas kendaraan. Kondisi pengangkutan dan pengumpulan sampah dianalogikan sebagai model vehicle routing problem with mutliple trips, time windows and intermediate facility. Penentuan kombinasi jumlah truk dan rute kendaraan diselesaikan dengan metode sequential insertion. Hasil dari penelitian ini adalah truk yang digunakan adalah 8 truk amroll dan 2 truk dump. Penghematan biaya yang dikeluarkan selama 5 tahun dengan menerapkan sistem rekomendasi sebesar 8,4%.. Pengangkutan dan pengumpulan sampah dilakukan di setiap TPS dan setiap hari sehingga tidak ada volume sampah yang menumpuk.