HUBUNGAN ANTARA KADAR HEMOGLOBIN DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA PROGRAM STUDI DIII KEBIDANAN STIKES WIDYA HUSADA SEMARANG TAHUN 2012
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.711Abstract
Prestasi belajar mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Widya Husada Semarang tigatahun terakhir mengalami penurunan, Anemia pada remaja dapat berdampak pada
menurunnya produktivitas kerja ataupun kemampuan akademis di sekolah, remaja yang
kurang sehat dapat mengalami kesulitan belajar, angka anemia untuk remaja putri sebesar 6,3
juta jiwa (57,1%). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara kadar
hemoglobin dengan prestasi belajar pada mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Widya
Husada Semarang. Jenis penelitian ini adalah observasional dengan metode survey analitik
melalui pendekatan cross sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan
langsung berupa pemeriksaan kadar hemoglobin dan catatan anekdot berisi indeks prestasi
mahasiswi. Populasi adalah seluruh mahasiswa   (354) pengambilan sampel dengan teknik
quota sampling (78),. Analisis univariat menggunakan distribusi frekuensi, Analisis bivariat
menggunakan chi square.Hasil penelitian didapatkan sebagian besar responden memiliki
kadar hemoglobin >12 gr% (59%), dan prestasi belajar baik (65,4%) kurang. Hasil analisis
bivariat menunjukan tidak ada hubungan antara kadar hemoglobin (p=1,00) dengan prestasi
belajar mahasiswa Prodi DIII Kebidanan STIKES Widya Husada Semarang.
Kata kunci: belajar, hemoglobin,kadar,prestasi
Downloads
Issue
Section
Articles