OPTIMASI KUANTITAS DAN JENIS PRODUKSI SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEUNTUNGAN PERUSAHAAN
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.72Abstract
Proses optimasi adalah untuk menentukan kombinasi yang merupakan solusi yang optimal terhadappermasalahan yang bersifat trade off. Objek pada penelitian ini adalah perusahaan “SSS†di Solo
yang memproduksi bermacam-macam timbangan sebagai alat ukur. Permasalahan perusahaan
adalah multi objective yaitu mempunyai beberapa tujuan, diantaranya untuk memenuhi semua
order, memaksimalkan utilitas resources, meminimalkan biaya produksi dan pemakaian material,
yang pada akhirnya penentuan kombinasi dari jumlah dan jenis produk diharapkan memaksimalkan
keuntungan. Langkah pertama setelah mengidentifikasi permasalahan adalah membuat model/
persamaan matematis, selanjutnya adalah proses pengumpulan dan pengolahan data yang
diperlukan sebelum melakukan tahap optimasi. Dalam menentukan fungsi tujuan perusahaan
diperlukan proses pembobotan dan perankingan, hal ini menunjukkan proses interaktif yang
mengakomodasi preferensi dari manajemen perusahaan. Dengan pendekatan condorcet secara
sederhana kepentingan perusahaan dari beberapa perspektif dapat diakomodasi dan dengan
mudah dapat dirubah pembobotannya sebagai langkah yang interaktif dan fleksibel
(seandainya ada kebijakan baru dari perusahaan). Data yang digunakan diantaranya adalah
data jumlah permintaan, harga bahan baku, proses produksi, biaya produksi yang meliputi
biaya tenaga kerja, biaya listrik, biaya kerja lembur, biaya bahan baku dan bahan pembantu.
Pengumpulan data dilakukan dengan proses observasi, interview dan dokumentasi. Hasil
penelitian dapat diketahui bahwa kombinasi produk yang optimal untuk memenuhi kebutuhan
pesanan adalah produk timbangan dacin 110 yang harus dibuat sebanyak 1.683 unit; produk
dacin 50 sebanyak 1.675 unit; produk meja DXO sebanyak 2.517 unit; produk meja ariesta
sebanyak 2.433 unit; produk sentisimal 500 sebanyak 883 unit; produk sentisimal 300
sebanyak 896 unit dan produk sentisimal 150 sebanyak 904 unit. Sehingga hasil penjualan Â
yang diperoleh adalah menunjukkan keuntungan yang dapat diraih oleh perusahaan.
Kata kunci: optimasi produk, timbangan, condorcet, multi objectiveÂ
Downloads
Published
2012-07-03
Issue
Section
Articles