PENGEMBANGAN E-KULINER KOTA KUPANG
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.722Abstract
Wisata kuliner saat ini menjadi sebuah jenis wisata yang sangat banyak dampaknya bagiperkembangan sebuah daerah . Salah satu nilai pentingnya adalah menumbuhkembangkan
potensi makanan asli daerah yang sepertinya sudah mulai tergeser oleh produk-produk asing
ataupun berorientasi makanan asing. Untuk itu perlu dibuat sebuah usaha untuk meningkatkan
potensi ekonomis ini dengan memberikan sentuhan atau dukungan untuk dapat menarik
wisatawan lokal atau asing dalam menikmati kuliner asli daerah.
Pemanfaatan teknologi informasi yang saat ini berkembang, merupakan sebuah strategi yang
tepat dalam rangka memperkenalkan potensi kuliner suatu daerah. Rancang bangun berbasis
web dan mempergunakan visualisasi produk dan lokasi (peta) akan mempermudah masyarakat
dan wisatawan dalam mencari dan menjangkau lokasi kuliner dengan memanfaatkan teknologi
Google Map dapat menjawab kebutuhan tersebut. Â
Pengembangan e-kuliner kota kupang memberikan sebuah aplikasi web yang menampung dan
mempublikasikan informasi pusat-pusat kuliner di Kupang. User bisa menentukan lokasi
tempat wisata kuliner berdasarkan jenis makanan, harga, jarak dan anggaran yang dimiliki,
sistem akan memberikan beberapa alternatif rumah makan yang menyediakan jenis makanan
yang dipilih berserta lokasinya. Informasi yang ditampilkan dalam bentuk peta memberikan
kemudahan pengguna dalam mencari informasi dan selanjutnya akan semakin mendorong
minat untuk mengunjungi lokasi. Selain itu juga pengusaha (pemilik rumah makan) dapat
mempromosikan jenis makanannya dengan registrasi terlebih dahulu
Kata Kunci : Google Map, Informasi Kuliner, Metode Tsukamoto, Rangcang Bangun
Downloads
Issue
Section
Articles