Pemilihan Desain dan Mutu Kemasan Kopi Muntu dengan Metode Kansei Engineering dan Model Kano
DOI:
https://doi.org/10.36499/psnst.v12i1.7238Keywords:
desain kemasan, kansei, kanoAbstract
Usaha Kecil Menengah dibidang minuman ditemukan banyak sekali persaingan dengan kompetitor utnuk meningkatkan kualitas produk serta minat konsumen terhadap produk tersebut sehingga memiliki nilai jual yang tinggi. Kemasan memegang peran awal yang penting dalam hal tersebut, karena dalam penjualan suatu produk minuman  memerlukan kemasan untuk melindungi produk didalamnnya dari kerusakan, selain itu saat konsumen akan memilih kemudian membeli suatu produk, visual awal akan tertuju pada kemasan. Para pakar menyebutkan bahwa desain kemasan berperan sebagai pesona produk, sebab terletak padsa tahap akhir dari suatu alur proses produksi Pemikiran, gaya hidup, minat, serta faktor lain yang berkaitan dengan perasaan konsumen berpengaruh dalam pemilihan kemasan yang dirasa dapat memunculkan rasa puas terhadap produk yang dipilih..berlatar belakang hal tersebut maka dilakukan suatu upaya untuk melakukan desain ulang terhadap kemsan kopi muntu sesuai dengan keinginan konsumen melalu metode kansei yang kemudian dilanjutkan menggunakan model kano. Dari hasil tersebut didapatkan dua komponen yang dianggap penting dan harus ada dalam kemasan menurut pemikiran serta minat konsumen.hasil pemetaan dari 17 atibut yaitu pemetaan komponen untuk atribut 6,9,13,14 berada pada attractive attributes, atribut 2 dan 7 berada pada one dimensional attribbutes, dan sisa attribut lainnya berada pada indifferent attributes.
Â
Kata kunci: desain kemasan, kansei engineering, kano