ANALISIS EFEKTIFITAS REMINDING UNTUK MENINGKATKAN KEPUASAN PELANGGAN (STUDI KASUS PT. TELKOM SEMARANG)

Authors

  • . Suwarti Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang Jl. Prof. Sudarto SH, Tembalang, Kotak Pos 6199SMS, Semarang 50329 Telp.7473417,7499585(Hunting), Fax 7472396 email: suwarti77@yahoo.co.id
  • Dwiana Hendrawati Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang Jl. Prof. Sudarto SH, Tembalang, Kotak Pos 6199SMS, Semarang 50329 Telp.7473417,7499585(Hunting), Fax 7472396 email: suwarti77@yahoo.co.id

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.73

Abstract

Salah satu sektor bisnis pada jasa telekomunikasi di Indonesia yang mengalami pertumbuhan
pesat adalah industri telekomunikasi.hal tersebut menjadikan persaingandi bidang
telekomunikasi semakin kuat.Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa efektifitas
reminding untuk meningkatkan kepuasan pelanggan.Semua perusahaan mempunyai pelanggan
sebagai sumber penghasilan. Reminding adalah mengingatkan ataupun memberitahukan
kepada  pelanggan akan produk atau  jasa yang digunakan agar pelanggan  tetap  loyal,
dengan adanya  reminding  pelanggan akan tahu hak dan kewajiban yang harus
dilakukan.Kepuasan pelanggan dapat menjadi dasar menuju terwujudnya   konsumen  yang  
loyal. Tujuan perusahaan perlu diukur. apakah efektif atau tidak. Efektifitas bertujuan untuk
menentukan tingkat pencapaian hasil atau manfaat yang diinginkan.  Untuk menilai kualitas
jasa pelayanan PT. Telkom Semarang digunakan lima dimensi kualitas jasa yaitu  reliability,
responsiveness,assurance, emphaty, tangibles. Metode penelitian yang digunakan adalah
deskriptif yaitu dengan penelitian studi kasus.Yaitu didasarkan data deskripsi dari suatu
status,keadaan, sikap,hubungan,atau suatu sistem pemikiran masalah yang menjadi obyek
penelitian. Dengan langkah-langkah mulai dari pengumpulan data,penyusunan dan analisis
data serta interpretasi dari data analisis. Rata-rata efektifitas kepuasan pelanggan dari kelima
dimensi pada PT. Telkom Semarang  sebesar 71.115 berada pada rentang nilai skor 68 – 84
dengan kriteria efektif. Dengan demikian  efektifitas reminding  dalam kategori efektif   untuk
meningkatkan kepuasan pelanggan studi.kasus PT. Telkom Semarang.

Kata kunci: reminding, Telkom, kepuasan .

Downloads

Published

2012-07-03