Rekomendasi Penempatan Produk Fashion dalam Meningkatkan Peminatan Pembelian Menggunakan Association Rules Mining

Authors

  • Nawal khazairy hadian Universitas jendral achmad yani

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v12i1.7360

Keywords:

Data Mining, Association Rule, Algoritma Fp growth, Tata letak, Data Transaksi

Abstract

Dalam Persaingan di dunia bisnis khususnya dalam industri fashion, menuntut para pengusaha untuk menemukan suatu strategi pemasaran yang dapat meningkatkan penjualan produk. Salah satu strategi yang dapat di terapkan untuk menarik minat konsumen yaitu dengan menata tata letak, penempatan tata letak yang tepat dan sesuai dengan kebiasaan pembelian pelanggan akan meminimalisasikan waktu saat pelanggan akan mencari dan membeli barang dan tata letak yang tepat juga dapat menghindari loss opportunity to sell akibat ketidaktahuan konsumen akan lokasi produk. Berdasarkan latar belakang yang ada, tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningktkan peminatan pembelian dengan cara mengatur tata letak produk, Data transaksi penjualan yang dapat dimanfaatkan kembali dengan mengolah data transaksi tersebut menjadi suatu informasi yang baru dengan menggunakan teknik mining association rule mining dengan pendekatan algoritma fp growth dapat digunakan untuk menemukan hubungan diantara data dengan algoritma untuk mencari kandidat aturan asosiasi. Pada penelitian dengan menggunakan teknik association rules pendekatan algoritma fp growth menghasilkan beberapa aturan, aturan tertingginya yaitu dengan nilai minimum support 18% dan nilai minimum confidance 72%, konsumen cenderung membeli produk shirt dan t shirt, sehingga item produk shirt dan t shirt di rekomendasikan tata letak penyimpanannya saling berdampingan.

Downloads

Published

2022-11-30