PENGARUH FAKTOR WUJUD, KEANDALAN, KETANGGAPAN, JAMINAN DAN EMPATI TERHADAP KEPUASAN PRAKTIKAN DI LABORATORIUM DISTRIBUSI ENERGI POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

Authors

  • Teguh Harijono Mulud , Indung Sudarso(2) (1) Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang, Jl. Prof. Sudarto SH, Tembalang, Semarang (2) Jurusan Teknik Industri ITATS Surabaya. Jl. AR Hakim 100, Surabaya * E-mail: teguh_hm@yahoo.co.id
  • Indung Sudarso Indung Sudarso Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Semarang, Jl. Prof. Sudarto SH, Tembalang, Semarang (2) Jurusan Teknik Industri ITATS Surabaya. Jl. AR Hakim 100, Surabaya * E-mail: teguh_hm@yahoo.co.id

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v1i1.75

Abstract

Kebijaksanaan Politeknik Negeri Semarang yang berkaitan langsung dengan upaya
peningkatan kualitas layanan terhadap praktikan di Laboratorium Disitrbusi Energi adalah
dengan mengaplikasikan lima faktor yang meliputi,  (1) faktor wujud (tangible), (2) keandalan
(reliability),  (3) ketanggapan  (responsivenes),  (4) jaminan  (assurance),  dan (5) empati
(emphaty). Diharapkan dengan melaksanakan kelima faktor tersebut, praktikan benar-benar
memperoleh kepuasan selama praktik di lab.  Faktor-faktor tersebut mempunyai hubungan
yang sangat erat dengan tingkat kepuasan praktikan, sehubungan dengan adanya keluhan
praktikan seperti belum terpenuhi kualitas dan kontinuitas praktik sesuai dengan target yang
diharapkan, peralatan praktik yang sudah aus, biaya praktik yang mahal, dan penanganan
keluhan praktikan dirasakan lambat. Uji anlisis dengan regresi linier berganda membutkikan
bahwa ada pengaruh yang signifikan Wujud (tangible), Keandalan (reliability) , Ketanggapan
(responsivenes), keyakinan (assurance), empati (emphaty)  terhadap Kepuasan paktikan di lab
distribusi energi.

Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan praktikan

Downloads

Published

2012-07-03