SISTEM PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI TRANSFORMASI DIGITAL UNTUK PEMILIHAN PEMASARAN PRODUK MELALUI MEDIA SOSIAL DENGAN MENGGUNAKAN METODE WEIGHTED PRODUCT

Authors

  • MY Teguh Sulistyono Universitas Dian Nuswantoro

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v13i1.9129

Keywords:

Sistem Pengambilan Keputusan, Weighted Product, Transformasi Digital, UMKM, IKM, UKM

Abstract

Penerapan teknologi informasi  pada UMKM, IKM dan UKM membutuhkan peran teknologi informasi untuk transformasi digital melalui media sosial. Yang menjadi permasalahan adalah untuk menentukan media sosial yang tepat dalam memasarkan produk membutuhkan rekomendasi melalui penelitian yang datanya diambil melalui resonden.  Agar tujuan UMKM, IKM atau UKM tercapai perlu adanya rekomendasi dari pihak-pihak lain seperti akademisi untuk membantu agar pemasaran produk UMKM, IKM atau UKM dapat laku dipasaran dengan pemilihan media yang tepat.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode Weighted Product yang merupakan metode untuk menyelesaikan Multi Attribute Decision Making (MADM), dengan menggunakan 4 tahapan yaitu menentukan kriteria, menentukan rating kecocokan, menentukan nilai V dan menentukan alternative terbaik.

Hasil akhir dari penelitian ini adalah rekomendasi system pengambilan keputusan penggunaan teknologi informasi  transformasi digital  untuk pemilihan pemasaran produk melalui media sosial dengan Menggunakan Metode  Weighted Product.

Downloads

Published

2023-11-06