TEKNOLOGI AR SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN: TINJAUAN LITERATUR

Authors

  • Muhammad Rasyid Baihaki Universitas Islam Indonesia
  • M Javier Rasyadi Universitas Islam Indonesia
  • Muhammad Hafiz Universitas Islam Indonesia
  • Fajar Juliyanto Universitas Islam Indonesia
  • Fayruz Rahma Universitas Islam Indonesia http://orcid.org/0000-0002-3829-5970

DOI:

https://doi.org/10.36499/psnst.v13i1.9139

Keywords:

augmented reality, media pembelajaran, tinjauan literatur

Abstract

Media pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam mencapai keberhasilan dalam proses belajar. Secara umum, buku masih menjadi media pembelajaran yang dominan. Namun, penggunaan buku sebagai satu-satunya media pembelajaran dapat membuat pembelajaran menjadi monoton dan kurang interaktif. Berdasarkan penelitian, penggunaan media teknologi dalam pembelajaran memiliki efek positif. Salah satu teknologi yang dapat diterapkan dalam pembelajaran adalah Augmented Reality (AR). Tulisan ini melakukan kajian literatur yang berkaitan dengan penerapan AR sebagai media pembelajaran, dengan mengambil contoh dari beberapa subjek mata pelajaran seperti sistem saraf, sistem gerak pada manusia, bahasa Arab, sejarah, senyawa kimia, fisika, serta komputer dan jaringan. Tujuan dari kajian literatur ini adalah untuk mengevaluasi sejauh mana efektivitas penggunaan AR sebagai media pembelajaran.

Downloads

Published

2023-11-07