MENANAMKAN NILAI-NILAI KETAATAN HUKUM PADA GENERASI “Z” DENGAN METODE “GERCEPS”

Authors

  • ARIS PRIO AGUS SANTOSO Universitas Duta Bangsa Surakarta
  • Muhamad Habib Universitas Duta Bangsa Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.31942/jqi.v16i2.8324

Abstract

Belakangan ini peristiwa hukum dan masalah kesadaran hukum yang dilakukan oleh Generasi “Z†semakin merusak moral. Menurunya kesadaran hukum pada Generasi “Z†ini merupakan gejala perubahan perubahan sosial. Perubahan-perubahan sosial yang terjadi di dalam suatu masyarakat dapat terjadi oleh karena bermacam-macam sebab. Oleh sebab itu, pentingnya kesadaran untuk membangun masyarakat yang sadar akan hukum inilah yang sangat diharapkan. Peranan pemuda dalam pembangunan bangsa, terutama dalam pembangunan hukum memang diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya dalam menanamkan nilai-nilai ketaatan hukum pada generasi “Z†dengan metode “GERCEPSâ€. Metode pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Library Research yang diperoleh dari data sekunder. yang dikelola dengan metode grounded theory. Hasil penelitian selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa upaya menanamkan nilai-nilai ketaatan hukum pada Generasi “Z†dengan metode “GERCEPS†yaitu dengan kompilasi metode; games, education, reward, case study, exercise, play, dan social dynamics.

References

Abdul Rahmat, dan Irvin Novita Arifin, "Pengembangan Structure Exercise Methode (SEM) Dalam Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Sains Pada Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Islah Kota Gorontaloâ€, Nizham Journal of Islamic Studies, Vol.3, No.2, 2017.

Aprillio Poppy Belladonna, dan Selly Novia Anggraena, “Penguatan Pengetahuan Kewarganegaraan (Civic Knowledge) dalam Meningkatkan Kesadaran Hukum Mahasiswaâ€, JPKN: Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, Vol. 3, No. 2, 2019.

Bambang Tejokusumo, "Dinamika Masyarakat Sebagai Sumber Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial", Geo Edukasi, Vol. 3, No.1, 2014.

Bino Handitya, "Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekiaâ€, ADIL: Indonesia Journal, Vol. 1, No.2, 2019.

Dedi Mulyasana, dan Aisha Fauzia, 2011, Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing, Bandung: Remaja Rosdakarya.

Dina Desvita Pramesti Putri, 2021, "Hukum dan Teknologi Beragai Pemikiran Hukum, Kalimantan Timur, Universitas Mulawarman.

Fiqy Zulfikar, “Model Pembelajaran Studi Kasus untuk Meningkatkan Pengetahuan Siswa Dan Respon Siswaâ€,dalam Prosiding Seminar Nasional PPKn 2018 “Seminar Nasional Penguatan Nilai-Nilai Kebangsaan Melalui Pendidikan Kewarganegaraan Persekolahan dan Kemasyarakatanâ€, Laboratorium PPKn FKIP UNS, 7 Juli 2018.

Ibrahim Ahmad, “Rencana dan Strategi Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakatâ€, Gorontalo Law Review, Vol. 1, No.1, 2018.

Ina Magdalena, et al., "Metode Pembelajaran Pemberian Reward terhadap Siswa Kelas 5 SD Bubulak 2 Kota Tangerangâ€, EDISI, Vol. 2, No.1, 2020.

John Kenedi, “Studi Analisis Terhadap Nilai-Nilai Kesadaran Hukum Dalam Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) Di Perguruan Tinggi Islamâ€, MADANIA Vol. 19, No. 2, 2015.

Koko Prasetyo, "Penerapan Pendekatan Bermain Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Lompat Jauh Gaya Jongkok pada Siswa Kelas 5 Sekolah Dasar", Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, Vol. 6, No.3, 2016.

Leni Anggraeni, “Penerapan Metode Studi Kasus dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pada Mata Kuliah Hubungan Internasionalâ€, Media Komunikasi FIS, Vol. 11, No. 1, 2012.

Muh Sain Hanafy, "Konsep Belajar dan Pembelajaranâ€, Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, Vol. 17, No.1, 2014.

Pramudyasari Nur Bintari, dan Cecep Darmawan, “Peran Pemuda Sebagai Penerus Tradisi Sambatan dalam Rangka Pembentukan Karakter Gotong Royongâ€, JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol. 25, No. 1, 2016.

Puji Wulandari Kuncorowati, "Menurunnya Tingkat Kesadaran Hukum Masyarakat di Indonesiaâ€, Jurnal Civics, Vol. 6, No.1, 2009.

Romli Atmasasmita, 2013, Perencanaan Pembangunan Hukum Bidang Kesadaran Masyarakat dan Aparatur Hukum 2015- 2019, Jakarta: BPHN.

Satjipto Rahardjo, 1991, Ilmu Hukum, Bandung: Citra aditya Bakti.

Soerjono Soekanto. 2006, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta: Raja Grapindo Persada.

Tita Puspitasari, dan Dwinesa Anggraen, “Pendekatan Games dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Bagi Relawan Gemma Insani Indonesiaâ€, Jurnal Komunitas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, Vol. 1, No. 2, 2019.

Yul Ernis, “Implikasi Penyuluhan Hukum Langsung Terhadap Peningkatan Kesadaran Hukum Masyarakatâ€, Jurnal Penelitian Hukum: De Jure, Vol. 18, No. 4, 2018.

Zulkarnain Hasibuan, “Kesadaran Hukum dan Ketaatan Hukum Masyarakat Dewasa Iniâ€, Jurnal Justitia: Jurnal Ilmu Hukum dan Humaniora, Vol. 1, No. 1, 2016.

Published

2023-11-26