Main Article Content

Abstract

Pelaku UMKM tidak dapat dipisahkan dari isu perkembangan ekonomi digital yang berperan penting dalam menentukan tingkat keberhasilan UMKM. Target riset ini untuk menganalisis bagaimana literasi keuangan dan inovasi digital mempengaruhi kinerja keuangan UMKM. Riset ini mengaplikasikan teknik kuantitatif untuk menilai variabel bebas literasi keuangan (X1) dan inovasi digital (X2) atas variabel terikat kinerja UMKM (Y). Populasi UMKM Kuliner di Kecamatan Semarang Barat. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling. Pendekatan penghimpunan data dengan kuesioner diukur menggunakan skala likert. Metode penelaah menggunakan Partial Least Squares (PLS) melalui aplikasi SmartPLS 3.0. Literasi keuangan dan inovasi digital, menurut temuan penelitian, memberikan dampak positif dan signifikan terhadap kinerja UMKM. R square variabel kinerja UMKM sebanyak 0,606. Artinya variabel laten literasi keuangan dan inovasi digital dapat menjelaskan 60,6% variasi kinerja UMKM. Dan selebihnya 39,4% diterangkan oleh komponen yang tidak dikaji dalam riset ini. Implikasinya, pelaku UMKM mampu memperluas akses, meningkatkan pemodalan dan kinerja UMKM sehingga usahanya terus tumbuh dan berkelanjutan.

MSME players cannot be isolated from the issue of digital economic development, which is critical in defining MSMEs' level of success. Investigating the effects of digital innovation and financial literacy on MSMEs' financial performance is the goal of this study. The independent variables financial literacy (X1) and digital innovation (X2) on the dependent variable MSME performance (Y) are assessed using quantitative methodologies in this study. Culinary MSMEs populate the West Semarang District. Purposive sampling was used to collect data. A Likert scale was used to assess the data-gathering strategy with a questionnaire. The review approach employs the SmartPLS 3.0 program and Partial Least Squares (PLS). Financial literacy and digital innovation, according to research findings, have a favorable and significant impact on MSME success. The R-square value for the MSME performance variable is 0.606. That is, 60.6% of the variance in MSME performance can be explained by the latent variables of financial literacy and digital innovation. The remaining 39.4% is explained by variables not examined in this study. The implication is that MSME players can broaden access, raise finance, and improve MSME performance, allowing their firms to develop and be sustainable.

 

Keywords

Inovasi Digital Kinerja Literasi Keuangan UMKM

Article Details

References

  1. Anggia, N., M. & Shihab, M. R, Strategi Media Sosial untuk Pengembangan UMKM, Jurnal Terapan Teknologi Informasi, 2(2), 159 – 170, 2018, https://doi.org/10.21460/jutei.v2i2.125
  2. Asni, A., N., Hasan, M., Dinar, M., Ihsan, M., Ahmad, S., Supatminingsih, T., Ekonomi, P., Ekonomi, F., Bisnis, D., & Makassar, U. N., Bagaimana Literasi Kewirausahaan dan Literasi Digital Berpengaruh terhadap Keberlanjutan Usaha Pedagang Pakaian?, Journal of Economic Education and Entrepreneurship Studies, 2(1), 2021, https://ojs.unm.ac.id/JE3SR
  3. Ariwibawa. D., Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah, Jurnal Siasat Bisnis, 20(1).1- 13, 2016, https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art1
  4. Elfahmi, S., & Jatmika, D., Pengaruh Inovasi Terhadap UKM Naik Kelas Melalui Daya Saing Produk (Studi Indo Burger), Seminar Nasional Sistem Informasi (SENASIF), 1(1), 445-454, 2017, https://jurnalfti.unmer.ac.id/index.php/senasif/article/view/46
  5. Fitriasari, P., Himawan, B., Yanida, M., & Widyatama, A., Apakah Literasi Keuangan Dan Inovasi Digital Mampu Meningkatkan Kinerja UMKM Saat Menghadapi Covid – 19, Jurnal Akuntansi Dan Ekonomika, 11(2), 195–202, 2021, https://doi.org/10.37859/jae.v11i2.2833
  6. Fredrik, S., Mathiassen L., Lindgren R., Merangkul inovasi digital di perusahaan lama: Bagaimana mobil Volvo mengelola persaingan. MIS Triwulanan, 41 (1), 239–253, 2017, DOI: 10.25300/MISQ/2017/41.1.12
  7. Ghozali, I dan Hengky, L., Partial Least Squares Konsep Teknik dan Aplikasi dengan Program Smart PLS 3.0. Semarang, 2015: Universitas Diponegoro Semarang
  8. Hasibuan, R. R., & Pratiwi, A. R., Anteseden Repurchase Intention Aplikasi Shopee Dengan Kepuasan Sebagai Variabel Mediasi Di Kabupaten Banyumas, Tirtayasa Ekonomika, 16(2), 253, 2021, https://doi.org/10.35448/jte.v16i2.10514
  9. Hilmawati, M. R. N., & Kusumaningtias, R., Inklusi Keuangan Dan Literasi Keuangan Terhadap Kinerja Dan Keberlangsungan Sektor Usaha Mikro Kecil Menengah, Nominal: Barometer Riset Akuntansi Dan Manajemen, 10(1), 135 – 152, 2021. https://doi.org/10.21831/nominal.v10i1.33881
  10. Hudson, M., Smart, A., & Bourne, M., Theory and practice in SME performance measurement systems", International Journal of Operations & Production Management, 21(8), 1095 – 1115, 2021, DOI.10.1108.EUM0000000005587
  11. Humaira, I., & Sagoro, E. M., Pengaruh Pengetahuan Keuangan, dan Kepribadian Terhadap Perilaku Manajemen Keuangan pada Perilaku UMKM Sentra Kerajianan Batik Kabupaten Bantul, Jurnal Nominal, 7(1), 96-110, 2018, https://journal.uny.ac.id/index.php/nominal/article/view/19363
  12. Kadoya, Y., Rahim., K., M., S., dan Yamane, T., Government’s stimulus program to boost consumer spending: A case of discount shopping coupon scheme in Japan, Sustainability (Switzerland), 12(9), 2020, https://doi.org/10.3390/su12093906
  13. Kasendah, B.S, & Wijayangka, C., Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja UMKM, Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 3(1), 153-160, 2019, https://doi.org/10.36555/almana.v3i1.459
  14. Kawiana, I. G. P., & Dewi, L. K. C., Pengaruh Entrepreneurial Marketing dan Inovasi Produk Terhadap Daya Saing Usaha Kecil Menengah (UKM) di Bali, Jurnal Bisnis Dan Kewirausahaan, 15(3), 148–159, 2019, http://ojs.pnb.ac.id/index.php/JBK/article/download/1623/1200
  15. Khotimah, H., & Budi, S., Analisis Peran Inovasi, Kompetensi Akuntansi, dan Dukungan Pemerintah terhadap Daya Saing UMKM Kota Tangerang Selatan, Keberlanjutan : Jurnal Manajemen Dan Jurnal Akuntansi, 5(2), 117, 2020, https://doi.org/10.32493/keberlanjutan.v5i2.y2020.p117-130
  16. Knudsen, D. R. Elusive boundaries, power relations, and knowledge production: A systematic review of the literature on digitalization in accounting. International Journal of Accounting Information Systems, 36. 2020. https://doi.org/10.1016/j.accinf.2019.100441
  17. Kusnanto, D., Oktaviani, R., A., & Rahma, R., Pengaruh Trust Dan E-Service Quality Terhadap Keputusan Pembelian Pada Online Shop Shopee Di Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Singaperbangsa Karawang, Jurnal Ecoment Global, 5(1), 40–47, 2020, https://doi.org/10.35908/jeg.v5i1.912
  18. Limansetyo, H., UMKM Menjadi Pilar Penting Dalam Perekonomian Indonesia, 2021 https://ekon.go.id/publikasi/detail/2969/umkm-menjadi-%20pilarpenting-dalam-perekonomian-indonesia, diakses 14 Oktober 2023
  19. Matt, C., Hess, T., & Benlian, A., Digital transformation strategies. Business Information Systems Engineering, 57 (5), 339-343, 2017, https://link.springer.com/article/10.1007/s12599-015-0401-5.
  20. Mila, S. & Nurhidayah, S., A., Peran Literasi Finansial dan Inovasi Digital dalam Meningkatkan Business Performance dan Business Sustainability Pada UMKM di Kabupaten Pekalongan, Akuisisi: Jurnal Akuntansi, 18(2), 212-227, 2022, https://fe.ummetro.ac.id/ejournal/index.php/JA/article/view/994/pdf
  21. Mulfachriza, Bachri, N., & Biby, S., Pengaruh Bauran Pemasaran dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Konsumen Memiliki Kartu Kredit Bank BRI Dengan Gaya Hidup Sebagai Variabel Moderating, Jurnal Manajemen Indonesia J-MIND, 6(1), 70–79, 2021, https://ojs.unimal.ac.id/jmi/article/view/4878
  22. Muraga, K.P. & John, N., Effect of Financial Literacy on Performance of Youth-Led Entreprises: A Case of Equity Group Foundation Training Program in Kiambu Country, International Journal of Social Sciences Management and Entrepreneurship, 2(1), 218-231, 2018,
  23. https://www.semanticscholar.org/paper/EFFECTS-OF-FINANCIAL-LITERACY-ON -PERFORMANCE-OF-LED-Muraga-John /83b480fe56b7b340aa42414fda9e774a8dcf71e7
  24. Ndesaulwa, Paul, A., & Kikula, J., The Impact of Innovation on Performance of Small and Medium Enterprises (SMEs) in Tanzania: A Review of Empirical Evidence, Journal of Business and Management Sciences. 4(1), 1–6, 2016, https://www.sciepub.com/JBMS/abstract/5562
  25. Ningsih & Tasman, Pengaruh Financial Literacy Dan Financial Inclusion Terhadap Kinerja UMKM, Jurnal Manajemen dan Kajian Wirausaha, 2(4), 151-160, 2020, https://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/mnj/article/view/10033
  26. Octavina, L., & Rita, M., Digitalisasi umkm, literasi keuangan, dan kinerja keuangan: Studi pada masa pandemi Covid-19, STIE Perbanas Press 11, 73–92, 2021, https://doi.org/10.14414/jbb.v11i1.2552
  27. Rahman, M. A. & Salam, A. N., The Reinforcement of Zakat Management through Financial Technology Systems, International Journal of Zakat. 3(1), 57-69, 2018, DOI https://doi.org/10.37706/ijaz.v3i1.68
  28. Rahmawati, N., Ramdan, A. M., & Samsudin, A., Analisis Nilai Pelanggan dan Pengalaman Pelanggan terhadap Kepercayaan Pelanggan Wisata Kuliner Selamat Toserba Sukabumi, JOMB: Journal of Management and Bussines, 1(1), 109-119, 2019, DOI: https://doi.org/10.31539/jomb.v1i1.684
  29. Razen, M., Huber, J., Hueber, L., Kirchler, M., and Stefan, M., Financial literacy, economic preferences, and adolescents’ field behavior. Finance Research Letters, 4, 1-6, 2021, https://doi.org/10.1016/j.frl.2020.101728
  30. Rosa, Y. Del, Idwar, I., & Abdilla, M., Literasi Keuangan dan Literasi Digital UMKM Kuliner Kota Padang Sebagai Penggerak Pemulihan Ekonomi Masa Pandemi Global Covid 19, Jurnal Ekonomi Dan Bisnis Dharma Andalas, 24(1), 242–258, 2022. https://doi.org/10.47233/jebd.v24i1.352
  31. Sebastian, IM, Ross, JW, Beath, C., Mocker, M., Moloney, KG, & Fonstad, NO., Bagaimana Perusahaan Tua Besar Menavigasi Transformasi Digital, Eksekutif Triwulanan MIS , 16(3), 197–213, 2017, https://www.researchgate.net/publication/319929433_How_big_old_companies_navigate_digital_transformation
  32. Santoso, R., Review of Digital Marketing & Business Sustainability of E-Commerce During Pandemic Covid19 In Indonesia, Jurnal Ilmu Ekonomi Terapan, 5(2), 36-48, 2020,
  33. DOI : 10.20473/jiet.v5i2.23614
  34. Schwab, P. K., The Fourth Industrial Revolution, 2017, Crown Bussiness Press