Main Article Content

Abstract

Pemberdayaan masyarakat merupakan proses peningkatan kapasitas masyarakat untuk memberikan daya kepada masyarakat. Pemberdayaan masyarakat dapat dilaksanakan dengan memberikan pendidikan nonformal kepada masyarakat. Penelitian ini dilaksanakan di Kampung Selangan Kota Bontang menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Subjek dari data narasumber terdiri dari CSR PT. Badak NGL, pengelola wisata, ketua RT 16, dan masyarakat Kampung Selangan. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah Tahap penyadaran pada pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan ekowisata dinilai dari tiga aspek, yaitu persiapan sebagai langkah awal dalam memperkenalkan program pemberdayaan, sosialisasi sebagai pendekatan kepada masyarakat. Tahap transformasi pengetahuan pada pemberdayaan masyarakat melalui pengembangan ekowisata dinilai dari aspek pelatihan sebagai proses transfer pengetahuan dan menggunakan praktek lapangan sebagai pelaksanaan secara nyata dari tahapan sebelumnya. Tahap pemandirian kepada masyarakat dilaksanakan dengan memberikan peluang atau kuasa kepada masyarakat dengan memberikan bantuan kepada masyarakat.

Keywords

Pemberdayaan Masyarakat Ekowisata Corporate Social Responsibility Pendidikan Nonformal

Article Details

References

  1. Agfianto, T., Antara, M., & Suardana, I. W. (2019). Dampak Ekonomi Pengembangan Community Based Tourism terhadap Masyarakat Lokal di Kabupaten Malang (Studi Kasus Destinasi Wisata Cafe Sawah Pujon Kidul). Jurnal Master Pariwisata (JUMPA), 5(2), 259–282. https://doi.org/10.24843/jumpa.2018.v05.i02.p03
  2. Amaliah, F. N. (2020). Peran Pengelola Bank Ramah Lingkungan (Ramli) dalam Pemberdayaan Masyarakat di Perumahan Graha Indah Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 18–22. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.430
  3. Anasrul, Amar, Y., & Wahda. (2018). Implementasi Program CSR dan Pengaruhnya Terhadap Citra Perusahaan (Studi Kasus Program CSR PT Vale Indonesia, Tbk Pada Proyek Penyediaan Air Bersih). Hasanuddin Journal of Applied Business and Entrepreneurship, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.26487/hjabe.v1i4.124
  4. Andriyani, A. A. I., Martono, E., & Muhamad. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengembangan Desa Wisata Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Sosial Budaya Wilayah (Studi Di Desa Wisata Penglipuran Bali). Jurnal Ketahanan Nasional, 23(1), 1. https://doi.org/10.22146/jkn.18006
  5. Baniah, E. N. S., Riyadi, & Singal, A. R. (2021). Analisis Penyelenggaraan Pelatihan Keterampilan Menjahit Busana Wanita Bagi Peserta Pelatihan di LKP Rachma Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(2), 75–80. https://doi.org/10.30872/ls.v2i2.938
  6. Bires, Z., & Raj, S. (2020). Tourism as A Pathway to Livelihood Diversification: Evidence from Biosphere Reserves, Ethiopia. Tourism Management, 81(104159), 1–14. https://doi.org/10.1016/j.tourman.2020.104159
  7. Darmasanti. (2013). Kinerja Transfer Pengetahuan di Sektor Publik (Penelitian Empirik Di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Semarang). Jurnal Bisnis STRATEGI, 22(1), 95–120. https://doi.org/10.14710/jbs.22.1.95-120
  8. Dewi, R. V. K. (2020). Pemberdayaan Perempuan Peserta Pelatihan Tata Rias Pengantin di Lembaga Kursus Pelatihan (LKP) Vivi Kota Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 12–17. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.429
  9. Haq, I., Rembang, M. R., & Onsu, R. R. (2019). Peran Tokoh Masyarakat Dalam Meningkatkan Partisipasi Pembangunan Dari Anggaran Dana Desa (Studi Di Desa Tateli 2 Kecamatan Mandolang). Acta Diurna Komunikasi, 8(2), 1–15.
  10. Hartanti, N. B. (2020). Pelatihan Kewirausahaan dalam Mengolah Rumput Laut menjadi Manisan dan Dodol pada Kelompok Belajar Sipatuo di LKP BBEC Bontang. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 23–27. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.431
  11. Kaharuddin, Pudyatmoko, S., Fandeli, C., & Martani, W. (2020). Wujud Adaptasi Masyarakat Kalibiru dalam Pengembangan Ekowisata. Jurnal Pariwisata Terapan, 4(1), 35–47. https://doi.org/10.22146/jpt.50439
  12. Lubis, N. (2020). Peran Tokoh Masyarakat Dalam Pemeberdayaan Keluarga Nelayan Di Desa Pangandaran Kecamatan Pangandaran Kabupaten Pangandaran. Jurnal Ilmiah Perlindungan Dan Pemberdayaan Sosial (Lindayasos), 2(1), 20–45. https://doi.org/10.31595/lindayasos.v2i1.248
  13. Lukman, A. I. (2021). Pemberdayaan Masyarakat melalui Pendidikan Nonformal di PKBM Tiara Dezzy Samarinda. DIKLUS : Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 5(2), 180–190. https://doi.org/10.21831/diklus.v5i2.43669
  14. Maryani, P. D., & Zaenuri, M. (2021). Dampak Pengembangan Desa Wisata Wukirsari Terhadap Peningkatan Ekonomi Masyarakat Lokal Tahun 2017-2018. Jurnal Pariwisata Terapan, 5(2), 115–127. https://doi.org/10.22146/jpt.58376
  15. Maulidah, A. (2020). Analisis Proses Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Membuat “Kue Pastry†bagi Warga Belajar Paket C Kelas XI IPS di SPNF SKB Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 72. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1763
  16. Muslim, A. Q., & Suci, I. G. S. (2020). Peran Manajemen Pendidikan Nonformal Berbasis Masyarakat Sebagai Upaya Peningkata Sumber Daya Manusia Di Indonesia. Pratama Widya: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 159–168. https://doi.org/10.25078/pw.v5i2.1855
  17. Mustangin, Akbar, M. F., & Sari, W. N. (2021). Analisis Pelaksanaan Program Pendidikan Nonformal Bagi Anak Jalanan. International Journal of Community Service Learning, 5(3), 234–241. https://doi.org/10.23887/ijcsl.v5i3
  18. Mustangin, Iqbal, M., & Buhari, M. R. (2021). Proses Perencanaan Pendidikan Nonformal untuk Peningkatan Kapasitas Teknologi Pelaku UMKM. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(3), 414. https://doi.org/10.23887/jppp.v5i3.38927
  19. Nazarullail, F., Hardika, & Desyanty, E. S. (2017). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Ekowisata “Lepen Adventure.†1071–1076. https://doi.org/10.17977/jptpp.v2i8.9821
  20. Ningrum, M. D., & Sujarwo, S. (2017). Pemberdayaan Pedagang Pasar Tradisional dalam Pondok Komunitas Belajar Di Sanggar Kegiatan Belajar Kabupaten Wonogiri. JPPM (Jurnal Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat), 4(2), 199–214. https://doi.org/10.21831/jppm.v4i2.13554
  21. Octavia, A. (2020). Studi Tentang Kelompok Belajar Usaha Amplang Pada Rumah Produksi Usaha Anda Jaya Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 29–43. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.257
  22. Pakaya, Y. (2020). Peran Tutor Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bagi Warga Belajar Paket C Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat ( PKBM ) Kedondong Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 1–11.
  23. Putra, W. T., & Ismaniar. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pengelolaan Sampah di Bank Sampah. Jambura Journal of Community Empowerment (JJCE), 1(2), 1–10. https://doi.org/10.37411/jjce.v1i2.569
  24. Raharjo, S. T., Humaedi, S., Wibhawa, B., & Apsari, N. C. (2019). Memetakan Tokoh Masyarakat Untuk Kegiatan CSR Partisipatif. Share : Social Work Journal, 9(1), 37–48. https://doi.org/10.24198/share.v9i1.20576
  25. Riyadi. (2020). Hubungan antara Hasil Pelatihan dengan Tingkat Penerapan Teknologi Padi Sawah. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 1–11. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.254
  26. Rofik, A. ’Ainun, Murdiyanto, E., & Retnowati, D. (2020). Community Empowerment Process Through Peduli Lingkungan Program In Singosaren, Wukirsari Village, Imogiri Subdistrict, Bantul. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 21(2), 150–162.
  27. Rohmah, N. F. (2018). Pelatihan dan Pengembangan Sumber Saya Manusia. INTIZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(1), 1–11.
  28. Safitri, D. (2020). Pelatihan Pembuatan Pie Buah Bagi Warga Belajar di UPTD. P2KUKM Provinsi Kalimantan Timur. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 44–49. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.258
  29. Saptadi. (2020). Peran Instruktur Dalam Layanan Pembelajaran Peserta Kursus Mengemudi Mobil Roda Empat di LKP Cendana Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 28–34. https://doi.org/10.30872/ls.v1i2.432
  30. Sugiarti, Hartati, T., & Amir, H. (2016). Pengaruh Pelatihan Kerja terhadap Kinerja Karyawan pada PT Padma Ardya Aktuaria Jakarta. Epigram, 13(1), 13–19. https://doi.org/10.32722/epi.v13i1.805
  31. Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bandung (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta.
  32. Suryana, S. (2019). Model Pemberdayaan Pendidikan Non Formal (PNF) dalam Kebijakan Pendidikan. Edukasi, 13(2), 1–12. https://doi.org/10.15294/edukasi.v13i2.960
  33. Wahyuni, D. (2019). Pengembangan Desa Wisata Pentingsari, Kabupaten Sleman dalam Perspektif Partisipasi Masyarakat. Aspirasi: Jurnal Masalah-Masalah Sosial, 10(2), 91–106. https://doi.org/10.46807/aspirasi.v10i2.1386
  34. Weni, T. (2020). Analisis Proses Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Paket B Berbasis Kurikulum 2013 di Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Samarinda. Pepatudzu : Media Pendidikan Dan Sosial Kemasyarakatan, 16(2), 89. https://doi.org/10.35329/fkip.v16i2.1765
  35. Widiastri, D. A. D. (2020). Program Pelatihan Sebagai Upaya Pemberdayaan Korban Pasca Rehabilitasi Penyalahgunaan Narkoba di Rumah Damping Borneo BNN RI Samarinda. Learning Society: Jurnal CSR, Pendidikan Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(1), 12–23. https://doi.org/10.30872/ls.v1i1.255