Main Article Content

Abstract

Unsur penting dalam mencapai mutu pendidikan salah satunya profesionalisme guru sebagai kunci sumber daya manusia yang diharapkan semakin mengalami peningkatan secara bertahap. Namun sayangnya dunia pendidikan di Indonesia masih menghadapi tantangan sumber daya mansusia yang profesional di bidang pendidikan. Kehadiran Jaringan Sekolah Islam Terpadu memiliki kekhasan dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan Islam. Tujuan penelitian menganalisis program pengembangan profesionalisme guru dalam meningkatkan mutu sekolah dasar Islam terpadu. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi dokumentasi. Penelitian berlokasi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Al Fidaa Kabupaten Bekasi. Sumber data sekunder diperoleh dari laporan hasil akreditasi, program pengembangan guru dan sistem penjamin mutu internal sekolah. Pengambilan data diperoleh dari dokumentasi dan studi literatur, sedangkan analisis isi digunakan sebagai analisis data. Penelitian menunjukkan bahwa program pengembangan profesionalisme guru memiliki keterkaitan dengan hasil akreditasi memuat delapan standar nasional pendidikan.  sebelas standar sekolah Islam terpadu sebagai lisensi, dan lima belas standar penjamin mutu internal SDIT Al Fidaa. Program pengembangan profesionalisme guru melibatkan peserta didik, lembaga sekolah, inovasi dan pendidik dengan meningkatkan mutu pendidikan. Implikasi penelitian bahwa profesionalitas guru menciptakan sekolah yang bermutu yang memiliki standar pendidikan inovatif dan program pengembangan guru yang berkelanjutan

Keywords

Guru Mutu Profesional SDIT Al Fidaa Standar Pendidikan

Article Details

References

  1. Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.
  2. Amidong, H. H., & Insani, N. M. (2015). Paradigma Pendidikan Islam Masa Kini dan Masa Depan. Penelitian Universitas Muslim Indonesia Makasar, 7(2), 1–11.
  3. Creswell, J. W. (2014). Research Design : Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (4th ed.). Sage Publication.
  4. Elbadiansyah, E., & Masyni, M. (2021). the Implementation of Internal Quality Assurance (Iqa) in Three Private Universities in Samarinda. Erudio Journal of Educational Innovation, 8(1), 53–60. https://doi.org/10.18551/erudio.8-1.5
  5. Fahmi, A. (2014). Standar Mutu Kekhasan Sekolah Islam. JSIT.
  6. Gunawan, A., Uyuni, Y. R., & Fauzi, M. (2022). Improving Education Quality Through Madrasa Committee Management in Indonesia. International Journal of Emerging Issues in Islamic Studies (IJEIIS), 2(1), 1–17. https://doi.org/10.31098/ijeiis.v2i1.965
  7. Hadi, S. (2020). Model pengembangan mutu di lembaga pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(3), 321–347. https://doi.org/https://doi.org/10.36088/pensa.v2i3.980
  8. Hanun, F. (2015). Model Penyelenggaraan Pendidikan Agama Alternatif: Dialog, 38(1), 177–188. https://doi.org/10.47655/dialog.v36i1.83
  9. Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI) Cetakan.
  10. Huda, M. I., & Fattah, A. (2021). The Problem of Islamic Religious Education Learning Against Muslim Minority Students. Proceedings of the International Conference on Engineering, Technology and Social Science (ICONETOS 2020), 529(Iconetos 2020), 646–650. https://doi.org/10.2991/assehr.k.210421.094
  11. Ibrahim, T., & Rusdiana, A. (2021). Manajemen Mutu Terpadu TQM. In Penerbit Yrama Widya.
  12. JSIT. (2017). Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu Jaringan Sekolah Islam Terpadu (T. JSIT (ed.); Keempat). JSIT Indonesia. http://www.sditnuris.sch.id/2018/06/12-standar-mutu-sekolah-islam-terpadu.html
  13. Kemdikbud. (2017). Petunjuk Pelaksanaan Penjamin Mutu Pendidikan oleh Satuan Pendidikan. In Dirjen Dikdasmen. Kemdikbud.
  14. Lubis, Z., & Anggraeni, D. (2019). Paradigma Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional. Jurnal Online Studi Al-Qur’an, 15(1), 133–153. https://doi.org/10.21009/jsq.015.1.07
  15. Mursidi, A., Raharjo, T. J., Sugiyo, & Yulianto, A. (2020). Factual Model Of Internal Quality Assurance System Of Private Higher Education Institutions In Indonesia. Journal of Education, Teaching, and Learning, 5(1), 46–52.
  16. Nabilah, N., & Abidin, M. (2022). Implementasi Balance Score Card. Evaluasi, 6(2), 363–376. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.32478/evaluasi.v6i2.1042
  17. Primayanti, A. I. (2015). Strategi Pendidikan Islam Menghadapi Problematika Globalisasi. Al-Hikmah: Jurnal Agama Dan Ilmu Pengetahuan, 12(1), 46–60. https://doi.org/10.25299/jaip.2015.vol12(1).1447
  18. Raharjo, S. B., Handayani, M., Jauhari, M. R., & Jaunita, M. F. (2019). Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dalam. Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
  19. Ritonga, S. (2015). Profesionalisme Guru Dalam Upaya Meningkatkan Mutu Pembelajaran Bahasa Arab Di Pondok Pesantren Ihyaul Ulum Purbasinomba. Al-Ma’any: Jurnal Studi Bahasa Dan Sastra Arab, 3(April), 49–58. https://jurnal.stain-madina.ac.id/index.php/almaany/article/view/788
  20. Rivaldy, N., I, M., & Firdaos, R. (2022). Membangun Reputasi Pendidikan Dasar Islam Melalui Public Relation di Era Revolusi Industri 4.0 (Studi pada Sekolah Dasar Islam Terpadu di Kabupaten Bekasi). Ãl-Fâhim: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 16–34. https://doi.org/10.54396/alfahim.v5i2.668
  21. Rivaldy, N., Ma’mur, I., Gunawan, A., & Syam, A. (2022). Thinking, Resolusi Problematika Internal Pendidikan Islam: Pendekatan Design. Tadbir Muwahhid, 7(1), 61–83. https://doi.org/10.30997/jtm.v7i1.7525
  22. Rokhadi. (2021). Peran dan strategi kepala paud dalam meningkatkan mutu pendidikan pada masa pandemi covid-19. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 7(1), 7–15. https://jurnal.uns.ac.id/jpi/article/view/50073
  23. Septiawati, D., & Suradika, A. (2022). Pragmatisme dan Konsep Sekolah Islam Terpadu. Perspektif, 1(6), 625–636.
  24. Sukirdi, S., Sujanto, B., Hanafi, I., & Suwarni, S. (2020). Manajemen Guru Perspektif Sekolah Islam Terpadu (Konsep Dan Implementasi). 978-623-6608-04-3.
  25. Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264. https://doi.org/10.37985/jer.v1i3.30
  26. Suprianto, M. (2018). Upaya-Upaya Strategis Peningkatan Kualitas Guru Pendidikan Agama Islam Dan Prestasi Belajar Siswa di SMP IT Al-Qalam Manna Bengkulu Selatan. Annizom, 3(2), 281–290. https://ejournal.iainbengkulu.ac.id/index.php/annizom/article/download/1862/1566
  27. Tim JSIT. (2017). Standar Mutu Sekolah Islam Terpadu Jaringan Sekolah Islam Terpadu (T. JSIT (ed.); Keempat). JSIT Indonesia.