Main Article Content
Abstract
Pembelajaran nilai kegotongroyongan sebagai implementasi PPK telah berhasil dalam pengajaran yang efektif, artinya para siswa dapat menerapkan kehidupan sehari-hari dan hasil belajar tersebut dapat memberikan teladan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. Generasi emas 2045 disebut generasi milenial berupaya mengembangkan sikap positif yang berlandaskan Intelegensi Emotional Spiritual Quotient sehingga generasi nantinya mempunyai mental yang siap untuk bersaing dengan negara-negara maju lainnya. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode terapan dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Penelitian ini dapat diklasifikasikan sebagai penelitian dasar (basic research). Berdasarkan tingkat kealamiahan (natural setting) metode penelitian ini dalam kelompok penelitian terapan yaitu penelitian yang bertujuan memecahkan masalah-masalah kehidupan praktis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan penelitian maka dapat disimpulkan bahwa model pelajaran PPKn di SMK Teuku Umar Semarang dapat mengadopsi model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok dengan 6 (enam) tahap pembelajaran yaitu (1) mengidentifikasikan topik dan mengatur para siswa dalam kelompok, (2) merencanakan tugas yang akan dipelajari, (3) melaksanakan investigasi, (4) menyiapkan laporan akhir, (5) mempresentasikan laporan akhir, dan (6) evaluasi pencapaian. Efektivitas program pelajaran PPKn terhadap sikap perilaku atau karakter bagi para siswa di SMK Teuku Umar Semaranag adalah sebesar 72,63% yang termasuk dalam kategori baik. Faktor-faktor yang merupakan kendala dalam penelitian ini adalah dari para siswa, guru, dan alokasi waktu pelajaran sangat terbatas. Menanamkan nilai kegotongroyongan sebagai implementasi PPK pada pelajaran PPKn sebaiknya tidak hanya dilaksanakan pada waktu pelajaran disekolah saja, melainkan harus melibatkan peran lingkungan keluarga, lingkungan pendidikan di luar sekolah, dan lingkungan masyarakat.
Kata kunci :Â implementasi, pembelajaran, penguatan pendidikan karakter
ABSTRACT
Learning the value of mutual cooperation as an implementation of PPK has succeeded in teaching effectively, meaning that students can apply everyday life and the learning outcomes can provide examples of life in society, nation and state. The golden generation of 2045 is called the millennial generation trying to develop a positive attitude based on the Intelligence Emotional Spiritual Quotient so that future generations have a mentality that is ready to compete with other developed countries. This research method was carried out using applied methods with a descriptive quantitative approach. This research can be classified as basic research. Based on the level of naturalness (natural setting) this research method is in the applied research group, namely research that aims to solve practical life problems. Based on the results of the research and discussion of the research, it can be concluded that the PPKn lesson model at Teuku Umar Vocational High School Semarang can adopt a group investigation type cooperative learning model with 6 learning stages (syntax), namely (1) identifying topics and organizing students in groups, (2) planning tasks that will be studied, (3) carry out investigations, (4) prepare final reports, (5) present final reports, and (6) evaluate achievements. The effectiveness of the PPKn lesson program on behavior or character for students at Teuku Umar Semaranag Vocational School is 72.63% which is included in the good category. The factors that were obstacles in this study were the students, teachers, and the time allocation for lessons was very limited. Instilling the value of mutual cooperation as the implementation of PPK in Civics lessons should not only be carried out during class time, but must also involve the role of the family environment, the educational environment outside of school, and the community environment.
Keywords : implementation, learning, strengthening character education
Keywords
Article Details
References
- DAFTAR PUSTAKA
- Agestia, Dewi Novita, 2017. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik Integratif pada Kelas Rendah SD Karang Tengah 3. Jurnal Pendidikan.
- Ahmadi LK dan Amri S, 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif, Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
- Andiarini SE dan Nurabadi A, 2018. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah., JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244.
- Branson S, Margaret, et al. 1999. Belajar “Civic Education†dari Amerika. Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial dan The Asia Foundation.
- Branson MS, 1998. “The Role of Civic Education: A Forthcoming Education Policy Task Force Position Paper from the Communitarian Networkâ€. Washington DC: Center for Civic Education (Retrieved April 2002 from http : / / w w w . c i v i c e d . o r g / a ricles_role.html).
- Creswell JW, 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Franz MS, 2001. Etika Jawa Sebuah Analisa Falsafi Tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
- Harmawan K, 2010. Grow with Character: The Model Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Hindarto N, Ani R, et al, 2013. ‘Karisma’ suatu Model Pembelajaran Karakter Terintegrasi dalam Beberapa Mata Pelajaran. Makalah dalam Seminar Nasional, di FMIPA Unnes, Desember 2012.
- Isbadrianingtyas N, Hasanah M, et al, 2016. Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Pengabdian kepada Masyarakatan, dan Pengembangan, 1(5), 901–904.
- Joyce, Marsha W, et al, 2011. Models of Teaching, Edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Karman M, 2011. Pendidikan Karakter: Sebuah Tawaran Model Pendidikan Holistik-Integralistik dalam Buku Pendidikan Holistik Pendidikan Lintas Perspektif. Editor Jejen Musfah, Jakarta : Kencana.
- Koentjaraningrat, 2000. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama (19), 56–57.
- Koesoema D, 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
- Kurniawan MI, 2015. Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4 (1), 41–49.
- Marsali A, 2005. Antropologi Pembangunan Desa. Jakarta: Predana Media.
- Manullang B, 2013. Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1).
- Moleong LJ, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Mulyadi, 2015. “Implementasi Organisasiâ€, Yogyakarta, Gadjah Mada Univercity Press.
- Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Pasal 2 Tentang Lima Nilai Utama karakter yang dikembangkan sebagai prioritas gerakan PPK, 2018.
- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
- Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2017 Tentang penguatan Pendidikan Karakter, 2017.
- Prasetyo, Danang, et al, 2016. Pembinaan Karakter Melalui Keteladanan Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Islam Al-Azhar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter.
- Salahudin A, 2013. Pendidikan Karakter Berbasi Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.
- Setiadi EM dan Kolip U, 2011. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana Predana Group.
- Sjarkawi, et al, 2018. Pengaruh Tradisi Nasi Papah Terhadap Risiko Terjadinya Early Childhood Caries di Desa Senyiur Lombok Timur. B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah.
- Shoimah L, et al, 2018. Menanamkan Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan di Sekolah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175.
- Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D, hal 53. Bandung: CV Alfabeta.
- Sukmadinata dan Nana S, 2004. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
- Sukmadinata, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
- Tarigan HG, 1991. Membaca Ekspresif. Bandung: Aksara.
- Jurnal Basicedu Vol 4 No 2 April 2020 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147, Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) era 4.0 pada pembelajaran berbasis tematik integratif di sekolah dasar
- Jurnal UCEJ, Vol. 1, No. 2, Desember 2016, Hal. 185-198 Untirta Civic Education Journal ISSN : 2541-6693 : Implementasi Nilai-nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa
References
DAFTAR PUSTAKA
Agestia, Dewi Novita, 2017. Implementasi Nilai-nilai Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Tematik Integratif pada Kelas Rendah SD Karang Tengah 3. Jurnal Pendidikan.
Ahmadi LK dan Amri S, 2014. Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif, Jakarta: PT Prestasi Pustakarya.
Andiarini SE dan Nurabadi A, 2018. Implementasi Program Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pembiasaan Dalam Peningkatan Mutu Sekolah., JAMP: Jurnal Administrasi dan Manajemen Pendidikan, 1(2), 238–244.
Branson S, Margaret, et al. 1999. Belajar “Civic Education†dari Amerika. Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial dan The Asia Foundation.
Branson MS, 1998. “The Role of Civic Education: A Forthcoming Education Policy Task Force Position Paper from the Communitarian Networkâ€. Washington DC: Center for Civic Education (Retrieved April 2002 from http : / / w w w . c i v i c e d . o r g / a ricles_role.html).
Creswell JW, 2016. Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, Edisi Keempat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Franz MS, 2001. Etika Jawa Sebuah Analisa Falsafi Tentang Kebijaksanaan Hidup Jawa. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Harmawan K, 2010. Grow with Character: The Model Marketing. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Hindarto N, Ani R, et al, 2013. ‘Karisma’ suatu Model Pembelajaran Karakter Terintegrasi dalam Beberapa Mata Pelajaran. Makalah dalam Seminar Nasional, di FMIPA Unnes, Desember 2012.
Isbadrianingtyas N, Hasanah M, et al, 2016. Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Pengabdian kepada Masyarakatan, dan Pengembangan, 1(5), 901–904.
Joyce, Marsha W, et al, 2011. Models of Teaching, Edisi 8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Karman M, 2011. Pendidikan Karakter: Sebuah Tawaran Model Pendidikan Holistik-Integralistik dalam Buku Pendidikan Holistik Pendidikan Lintas Perspektif. Editor Jejen Musfah, Jakarta : Kencana.
Koentjaraningrat, 2000. Kebudayaan Mentalitas dan Pembangunan.Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama (19), 56–57.
Koesoema D, 2007. Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak Di Zaman Global. Jakarta: Grasindo.
Kurniawan MI, 2015. Tri Pusat Pendidikan sebagai Sarana Pendidikan Karakter Anak Sekolah Dasar. Journal Pedagogia, 4 (1), 41–49.
Marsali A, 2005. Antropologi Pembangunan Desa. Jakarta: Predana Media.
Manullang B, 2013. Grand Desain Pendidikan Karakter Generasi Emas 2045. Jurnal Pendidikan Karakter, 3(1).
Moleong LJ, 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyadi, 2015. “Implementasi Organisasiâ€, Yogyakarta, Gadjah Mada Univercity Press.
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 Pasal 2 Tentang Lima Nilai Utama karakter yang dikembangkan sebagai prioritas gerakan PPK, 2018.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Peraturan Pemerintah Nomor 87 Tahun 2017 Tentang penguatan Pendidikan Karakter, 2017.
Prasetyo, Danang, et al, 2016. Pembinaan Karakter Melalui Keteladanan Guru Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Islam Al-Azhar Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Karakter.
Salahudin A, 2013. Pendidikan Karakter Berbasi Agama dan Budaya Bangsa. Bandung: Pustaka Setia.
Setiadi EM dan Kolip U, 2011. Pengantar Sosiologi. Jakarta: Kencana Predana Group.
Sjarkawi, et al, 2018. Pengaruh Tradisi Nasi Papah Terhadap Risiko Terjadinya Early Childhood Caries di Desa Senyiur Lombok Timur. B-Dent, Jurnal Kedokteran Gigi Universitas Baiturrahmah.
Shoimah L, et al, 2018. Menanamkan Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan di Sekolah. Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 1(2), 169–175.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitataif dan R&D, hal 53. Bandung: CV Alfabeta.
Sukmadinata dan Nana S, 2004. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosdakarya.
Sukmadinata, 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Tarigan HG, 1991. Membaca Ekspresif. Bandung: Aksara.
Jurnal Basicedu Vol 4 No 2 April 2020 p-ISSN 2580-3735 e-ISSN 2580-1147, Integrasi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) era 4.0 pada pembelajaran berbasis tematik integratif di sekolah dasar
Jurnal UCEJ, Vol. 1, No. 2, Desember 2016, Hal. 185-198 Untirta Civic Education Journal ISSN : 2541-6693 : Implementasi Nilai-nilai Pancasila Sebagai Upaya Pembangunan Karakter Bangsa