Studi Komparatif Kurikulum Pendidikan Politik Di Perguruan Tinggi Negeri
Abstract
Abstrak
Pedidikan politik di perguruan tinggi negeri diupayakan agar mahasiswa memahami hak, kewajiban dan tanggung jawab dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, sehingga mahasiswa memiliki pengontrolan diri terhadap radikalisme. Dalam proses pendidikan politik di perguruan tinggi negeri, terdapat strategi yang berbeda antar perguruan tinggi negeri yang terdapat pada kurikulum pendidikan politik di perguruan tinggi negeri. Penelitian ini bertujuan untuk memahami perbedaan kurikulum pendidikan politik yang berlaku di perguruan tinggi negeri, sehingga akan memunculkan gambaran umum mengenai praktek pendidikan politik di perguruan tinggi negeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode yuridis normatif yaitu melakukan perbandingan antar kurikulum pendidikan politik yang terdapat di Universitas Indonesia, Institut Pertanian Bogor dan Universitas Pendidikan Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perbedaan pada ketiga perguruan tinggi tersebut terdapat pada materi pembelajaran pendidikan politik, penerapan pendidikan politik pada jenjang semester mahasiswa dan model pendidikan politik yang diterapkan pada mahasiswa. Kesimpulan yang diperoleh dalam penelitian ini ialah perguruan tinggi negeri dalam menerapkan pendidikan politik didasarkan pada kebutuhan mahasiswa, sehingga terdapat perbedaan kurikulum pendidikan politik yang diterapkan oleh perguruan tinggi negeri.
Â
Kata Kunci: Perguruan Tinggi Negeri, Kurikulum, Pendidikan Politik